Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sudah Lama Kosong, Puluhan Jabatan Perangkat Desa di Grobogan Segera Diisi

Ilustrasi

MURIANEWS, Grobogan – Kekosongan perangkat desa yang jumlahnya mencapai puluhan rencananya bakal dilakukan pada tahun ini. Pengisian jabatan perangkat desa ini dilakukan supaya kinerja pemerintahan desa setempat bisa lebih maksimal.

Kepala Dispermasdes Grobogan Sanyoto mengatakan, pengisian perangkat desa rencananya akan dilakukan pada tahun ini. Untuk tahapan sosialisasi dimulai Februari 2021 ini dan pelantikannya direncanakan Juni 2021 mendatang.

“Supaya kinerja desa bisa lebih maksimal maka kita upayakan perangkat yang kosong bisa terisi tahun ini. Untuk pengisian perangkat, semua kepala desa bisa mengusulkan. Terutama desa yang perangkatnya kosong cukup banyak,” katanya.

Sekretaris Demang Manunggal Grobogan Suwoto mengatakan, pengisian perangkat desa sangat diperlukan untuk membantu administrasi dan pekerjaan kepala desa.

Saat ini sudah banyak posisi perangkat desa yang kosong karena pensiun. Namun belum ada pengisian lagi sejak 2012 lalu.

“Adanya kekosongan perangkat ini tentunya sangat menghambat kerja pemerintahan desa. Apalagi ada yang perangkatnya tinggal dua atau satu saja. Oleh sebab itu, pengisian perangkat ini sangat kami tunggu agar pembangunan di desa lebih maksimal,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Grobogan Musapak mengungkapkan, pihaknya belum lama ini sudah melakukan audensi dengan Peguyuban Demang Manunggal dan Dispermades terkait rencana pengisian perangkat desa tersebut.

Menurutnya, dalam regulasi disebutkan posisi yang kosong itu bisa diisi atau tidak, sama-sama diperbolehkan. Secara teknis, sesuai Undang-Undang Desa, perda dan perbup, dikembalikan sepenuhnya ke kepala desa.

“Untuk pengisian diserahkan pada panitia di desa. Dari Dispermasdes telah disosialisasikan ke kecamatan dan Demang Manunggal. Kami akan mengawasi dari proses sosialisasi dan pembentukan panitianya,” terangnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...