Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

96 Persen Bantuan Sosial Tunai di Jepara Tersalurkan

Salah seorang penerima BST dari Kemensos saat mengambil uang di Kantor Pos Jepara. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – PT Pos Cabang Jepara mengaku sudah penyaluran dana Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) hingga Februari 2021 sudah mencapai sekitar 96 persen.

Kabid Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin di Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades) Jepara, Isdiyanto Koesworo menyatakan, untuk Jepara, pada 2021 ini ada 26.909 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang mendapatkan BST.

Jumlah ini merupakan keseluruhan jumlah terakhir yang disampaikan oleh Kemensos, sejak program ini diluncurkan di awal pandemi Covid-19, pada 2020 lalu.

Pada tahap akhir di tahun 2020, jumlah KPM penerima BST di Jepara jumlahnya mencapai sekitar 9000-an lebih. Selanjutnya, Kemensos melakukan validasi kembali, sehingga pada awal tahun 2021 lalu, muncul kuota tambahan hingga sekitar 15 ribu lebih KPM baru. Jumlah ini terus bertambah sesuai dengan hasil validasi yang dilakukan Kemensos, sehingga terakhir jumlahnya mencapai 26.909.

“Sesuai kebijakan Kemensos, untuk BST 2021 ini direncanakan dilakukan sampai April 2021, atau 4 kali penyaluran. Setelah April, kami belum tau apakah program ini akan diteruskan atau tidak, semua tergantung kebijakan Kemensos. Untuk program 2021 ini masing-masing KPM akan menerima BST sebesar Rp 300 ribu setiap bulan, selama empat bulan, dari Januari sampai April,” ujar Isdianto Koesworo, Selasa (23/2/2021).

Sementara itu, petugas Satgas BST di Kantor Pos Cabang Jepara, Yopy Satria menyatakan, untuk Januari dan Febuari, dana BST Kemensos sudah disalurkan ke masing-masing KPM. Jumlah KPM, yang disampaikan Kemensos pada kesempatan terakhir sejauh ini memang mencapai 26.909 KPM.

Pada bulan Januari bisa dikatakan sudah semuanya tersalurkan. Namun, ada KPM baru divalidasi oleh Kemensos, dan datanya baru disampaikan sebagai susulan.

Dijelaskannya, program BST Kemensos, pada 2020 penyalurannya dilaksanakan oleh PT Pos Jepara.Tahapannya mencapai 9 tahapan, sampai akhir 2020 lalu. Saat itu jumlahnya mencapai sekitar 9000-an KPM. Alokasi untuk dana BST di Jepara kemudian ditambah oleh Kemensos pada 2021. Tambahannya mencapai kurang lebih 15 ribu KPM baru, dan disalurkan pada 2021 ini.

“Untuk sementara waktu, saat ini penyaluran BST di Jepara sudah mencapai 96 persen, untuk bulan Januari dan Febuari. Proses penyaluran masih berlanjut, terutama untuk KPM yang belum sempat mengambil. Penyalurannya kami laksanakan di masing-masing Kantor Kecamatan, dengan penjadwalan yang diatur sedemikian rupa agar tidak melanggar protokol kesehatan,” ujar Yopy Satria.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...