Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Polres Pati Bangun Gedung Pelayanan SIM Terpadu, Anggaran Tembus Rp 11,2 Miliar

Kapolres Pati saat meletakkan batu pertama pembangunan Satpas SIM (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Polres Pati mulai membangun gedung Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) SIM di jalan AKBP Agil Kusumadya, Desa Ngarus, Kecamatan Pati. Pembangunan sendiri sudah dilakukan sejak 25 Januari lalu.

Kapolres Pati AKBP Arie Prasetya Syafa’at berkesempatan untuk meletakkan batu pertama pembangunan gedung. Kemudian disusul dengan Wakapolres dan Kasatlantas Polres Pati.

Kapolres mengatakan, gedung tersebut adalah sebagai pusat layanan pembuatan SIM secara terpadu. Bahkan untuk ujian praktek, nantinya juga berada di wilayah gedung tersebut.

“Untuk uji kendaraan roda empat, kami kan belum punya tempatnya. Nah, nanti kami tempatkan di sini juga. Semuanya terpadu di gedung baru ini nanti,” katanya, Selasa (23/2/2021).

Dia menambahkan, pembagunan Satpas SIM itu sebenarnya sudah direncanakan sejak 2020 lalu. Akan tetapi anggarannya terkena refocusing untuk penanganan Covid-19. Sehingga baru terealisasi pada tahun ini.

“Anggarannya dari DIPA Mabes Polri 2021 sebesar Rp 11,2 miliar. Targetnya Juni nanti sudah selesai pembangunan,” imbuhnya.

Proyek tersebut dikerjakan oleh PT Aneka Tata Sarana Pati. Kemudian untuk konsultan pengawas adalah dari PT Gatra Upanyasa Ripta.

Pelaksana proyek Ahmad mengatakan, untuk lama pengerjaannya sendiri ditargetkan rampung selama 180 hari kerja. Luas lahan yang akan dibangun adalah 1300 meter persegi. Namun, untuk bangunan utama hanya 500 meter persegi.

“Nanti akan dibuat dua lantai. Kemudian ada lapangan ujian yang desainnya disesuaikan dari Korlantas. Kemudian ada juga ada desain tanjakan untuk ujian SIM mobil,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...