Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Vaksinasi Covid-19 Tahap Dua Jepara Digelar Mulai Besok Pagi, 17 Wartawan Masuk Daftar

Petugas menyiapkan vaksin Covid-19 sebelum disuntikkan. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara akan memulai pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 tahap kedua. Rencananya program ini sudah akan dilakukan mulai Selasa (23/2/2021), dengan sasaran para petugas pelayanan publik.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Jepara Mundrikatun menjelaskan, rakor persiapan sudah digelar bersama seluruh jajaran Forkopimda Jepara dan sejumlah pejabat perangkat daerah terkait, Senin (22/2/2021). Program vaksinasi tahap ke dua ini akan menyasar pada para petugas pelayanan publik yang jumlahnya mencapai kurang lebih 4.250 orang.

Jumlah ini juga termasuk 17 orang wartawan yang telah terdaftar. Para pekerja media di Jepara juga menjadi salah satu kelompok yang rentan terpapar virus korona, karena mempunyai mobilitas tinggi.

“Pelaksanaan vaksin untuk tahap kedua akan dilakukan selama sepekan mulai Selasa (23/2/2021). Kami berharap semua bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana,” ujar Mundrikatun, Senin (22/2/2021).

Selain petugas pelayanan publik dan wartawan, kelompok masyarakat yang mendapatkan prioritas vaksinasi tahap kedua ini juga meliputi para pedagang pasar tradisional dan para warga yang berusia lansia berdasarkan ketersediaan vaksin.

DKK Jepara dalam hal ini juga sudah menyiapkan 44  fasilitas kesehatan untuk pelayanan vaksinasi Covid-19. Meliputi 22 puskesmas, 16 klinik swasta, dan 6 rumah sakit.

Sementara itu, berdasarkan data hingga 21 Februari 2021, progress pelaksanaan vaksinasi tahap pertama program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Jepara hampir selesai dilakukan. Pada dosis pertama telah mencapai 98,54 persen.

Sedangkan untuk dosis kedua sudah 76,11 persen. Dalam 14 hari ke depan, program vaksinasi Covid-19 tahap pertama akan selesaikan, setelah ada beberapa yang harus ditunda pelaksanaannya.

Terpisah, Bupati Jepara Dian Kristiandi menegaskan, vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk membentuk kekebalan terhadap virus Covid-19 ini. Namun demikian bukan berarti setelah ada vaksinasi,  pandemic bisa dikatakan selesai.

Persoalan pandemi Covid-19 ini, masih tetap harus mewajibkan semua bagian masyarakat melakukan penerapan protokol kesehatan. Tanpa penerapan protokol kesehatan, Covid-19 tidak akan bisa hilang dalam kehidupan.

“Vaksinasi adalah salah satu cara yang dilakukan dalam memerangi Covid-19 ini. Namun bukan berarti setelah ini semua abai terhadap penerapan protokol kesehatan. Penerapan protokol kesehatan tetap harus terus dilakukan, untuk semakin menekan penularan covid 19. Harus tetap dilakukan,” ujar Dian Kristiandi.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...