Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Formula untuk Benih Bandeng Bawa Siswa MAN 1 Kudus Sabet Emas di ISPO 2021

Nano silver yang digunakan untuk peningkatan kulitas benih ikan bandeng (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Dua siswa MAN 1 Kudus berhasil menyabet medali emas di kategori penelitian biologi dalam ajang Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2021. Ajang tersebut diselenggarakan pada 19 hingga 21 Februari 2021.

Kedua siswa tersebut yakni Nadya Insyafana Rahma dan Fidia Aulia Nafis. Dalam ISPO 2021 mereka berhasil menemukan formula Nano Silver atau antimicrobial agents by ozone and silver (Ambon) untuk peningkatan kualitas benih ikan bandeng.

Nadya Insyafana Rahma mengatakan, formula tersebut diciptakan lantaran indonesia yang kaya akan kekayaan alam salah satunya ikan bandeng. Ikan ini menjadi salah satu yang cukup banyak untuk dikonsumsi masyarakat.

“Tapi benihnya sangat rentan mati. Sehingga perlu dilakukan perlakuan khusus agar persentase bertahan hidup bisa lebih banyak. Biasanya peresentase hidup hingga panen itu 30 persen, tapi dengan adanya formula ini bisa mencapai 40 hingga 50 persen,” katanya, Senin (22/2/2021).

Formula itu disebut, juga bisa mempercepat pertumbuhan dan mengurangi bakteri yang ada.

Yakni sebelum menebar benih ikan bandeng  pada media yang berisi air, dipersiapkan campuran ozonisasi dan nano silver.

“Dengan perbandingan air sebanyak 15 liter diberikan ozonisasi sebanyak 400 mg dan nano silver sebanyak 0,05 ppm,” jelasnya.

Sementara, Nurul Khotimah, guru pembimbing riset dua siswa tersebut menyatakan, pembuatan formula tersebut dari pengembangan jurnal ilmiah penelitian embrio zebra fish di luar negeri. Setelah itu pihaknya mengaplikasikan dengan membuat formula yang bisa dimanfaatkan di Indonesia dengan ikan bandeng.

Percobaan pembuatan formula tersebut memerlukan uji coba hingga empat kali dalam waktu satu setengah bulan. Dengan perbandingan konsentrasi nano silver berulang-ulang kali hingga menemukan formula yang sesuai.

“Mulai konsentrasi nano silver, penakaran air, hingga banyaknya ozonisasi kami buat uji coba untuk mendapatkan hasil benih ikan bandeng yang maksimal,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Munoha

Comments
Loading...