Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Vaksinasi Pedagang di Jateng Dimulai 27 Februari, Pasar Klewer Solo Dapat Giliran Pertama

Jateng vaksin yang tiba di Jateng langsung didistribusikan ke kabupaten/kota. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Proses vaksinasi Covid-19 untuk para pedagang di Jawa Tengah akan dimulai pada 27 Februari 2021 mendatang. Pedagang di Pasar Klewer Solo yang akan mendapat giliran pertama di kalangan pedagang di Jateng yang mendapat jatah vaksin tersebut.

Vaksin untuk keperluan ini menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Yulianto Prabowo, telah dikirimkan bersamaan dengan vaksin untuk pelayan publik di Solo.

Selain Solo, pedagang pasar di Kota Semarang juga akan mendapat prioritas. Namun menurutnya masih menunggu jatah vaksin berikutnya.

“Rencananya 27 Februari vaksinasi pedagang Pasar Klewer Solo. Nantinya kami juga akan melakukan vaksinasi bagi pedagang pasar di Kota Semarang, namun masih menunggu jatah vaksin,” katanya, Senin (22/2/2021).

Kota Solo dan Kota Semarang lanjut Yulianto memang menjadi konsentrasi percepatan vaksinasi. Pasalnya, dua daerah itu memiliki angka kesakitan cukup tinggi dan juga memiliki wilayah cukup luas.

“Pedagang pasar di dua kota itu juga berasal dari sejumlah wilayah, sehingga akan kami prioritaskan,” ujarnya.

Ia menyebut, seluruh pedagang di Jawa Tengah sebenarnya menjadi prioritas untuk vaksinasi ini. Namun karena saat ini jumlah dosis vaksin masih terbatas, sehingga dipilih dua kota besar tersebut yang memiliki pasar-pasar besar.

Terkait vaksinasi tahap kedua untuk pelayan publik dan pedagang pasar ini, Yulianto menerangkan target di Jawa Tengah ada sekitar 5,5 juta penerima vaksin. Dan saat ini, baru satu juta dosis vaksin yang diterima, sehingga jumlahnya masih sekitar 20 persen.

“Jadi bertahap. Yang penting vaksin yang sudah datang langsung kami rampungkan dulu, nanti dikirim vaksin selanjutnya langsung kita eksekusi,” terangnya.

Kota Semarang sendiri meski belum mendapat jatah dosis untuk pedagang, namun alokasi vaksin yang diberikan cukup banyak. Yakni sebanyak 10.000 vial atau 100 ribu dosis, karena tiap vial beriosi 10 dosis. Sementara Kota Solo mendapat jatah 7.000 vial, atau 70 ribu dosis.

“Selain untuk pelayan publik, Kota Semarang mendapat dosis cukup besar karena ada program vaksinasi untuk lansia. Lainnya kami bagi ke seluruh kabupaten/kota di Jateng,” pungkasnya.

Baca: Ganjar Targetkan Seribu Pelayan Publik Divaksin Tiap Hari, Wartawan Mulai Ikut Disuntik

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta seluruh daerah mempersiapkan skenario vaksinasi tahap kedua ini. Khusus untuk pedagang pasar, bupati/wali kota diminta koordinasi dengan lurah-lurah pasar agar proses vaksinasi bisa berjalan lancar.

Selain Pasar Klewer, Pasar Johar di Kota Semarang menurutnya juga akan menjadi sasaran vaksinasi. Untuk itu, semuanya harus menyiapkan skenario agar tidak ada persoalan saat pelaksanaan vaksinasi digelar.

“Semua harus mengawal percepatan vaksinasi ini, dengan tidak mengesampingkan verifikasi dan validasi data penerima vaksin,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...