Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Vaksinasi Pedagang di Kudus Bakal Dimulai dari Pasar di Wilayah Kota

Pedagang berjualan di Pasar Bitingan, Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Proses vaksinasi untuk para pedagang di pasar tradisional yang ada di Kabupaten Kudus, bakal dimulai pada Maret 2021 mendatang. Pendataan para pedagang dan pekerja pasar saat ini dipastikan sudah rampung.

Satgas Penanganan Covid-19 Kudus dr Andini Aridewi mengatakan, pedagang di pasar wilayah perkotaan akan mendapatkan vaksinasi terlebih dahulu.

“Perkiraan Maret dan rencananya pasar yang besar-besar dulu di wilayah kota, seperti Pasar Kliwon dan Pasar Bitingan,” katanya, Senin (22/2/2021).

Dokter Andini Aridewi berharap ada dukungan dari semua pihak. Sehingga vaksinasi bagi pedagang dan karyawan pasar dapat terlaksana dengan lancar.

Di Jawa Tengah proses vaksinasi kepada para pedagang sendiri akan dimulai di Pasar Klewer Solo pada 27 Maret 2021 mendatang. Setelah Solo, Kota Semarang akan mengikuti. Dua daerah ini menjadi prioritas lantaran memiliki angka kesakitan cukup tinggi dan juga memiliki wilayah cukup luas.

Sementara itu, pendataan bagi pedagang dan karyawan pasar di Kabupaten Kudus dipastikan sudah selesai. Dinas Perdagangan Kudus juga sudah menyerahkan data pedagang dan karyawan pasar kepada Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus.

Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kudus Albertus Harys Yunanto menyebut, data sudah diserahkan beberapa hari lalu. Data itu terdiri dari 25 pasar di Kudus.

“Kurang lebih ada 15 ribu orang. Data sudah kami serahkan ke DKK. Nanti teknis pelaksanaannya dari DKK,” katanya.

Harys berharap dengan adanya vaksinasi dapat mencegah penyebaran Covid-19. “Semoga bisa memutus rantai Covid-19. Dan di pasar tidak timbul kluster baru,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...