Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Satu Juta Dosis Vaksin Covid Tiba di Jateng Hari Ini, Penyuntikan Pedagang Pasar Dimulai Solo dan Semarang

Gubernur Ganjar Pranowo meninjau persiapan penerimaan vaksin Covid-19. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Sebanyak 1.004.300 dosis vaksin Covid-19 dijadwalkan tiba di Jawa Tengah, Minggu (21/2/2021) hari ini. Vaksin itu nantinya bakal digunakan untuk pelayanan publik, lansia dan pedagang atau kelompok masyarakat di pasar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, telah menyiapkan skenario untuk vaksinasi gelombang II ini. Salah satunya menyiapkan Kota Solo dan Kota Semarang untuk vaksinasi kelompok masyarakat pasar.

“Kita (Jateng) dapat 100.430 (vail). Nah sekarang satu vail itu isinya 10 dosis. Berarti ini sekitar 1.004.000+an,” kata Ganjar saat meninjau persiapan penerimaan vaksin di Gudang Dinkes Jateng di Tambakaji, Ngaliyan, Kota Semarang.

Ganjar mengatakan, ada beberapa skenario yang disiapkan untuk distribusi vaksin gelombang II ini. Selain untuk pelayan publik dan lansia, vaksin juga akan diberikan untuk kelompok masyarakat seperti pasar. Hal ini, seperti yang sebelumnya dilakukan di Pasar Tanah Abang, Jakarta.

“Nanti kita akan coba beberapa kelompok masyarakat seperti pasar. Seperti kemarin Pak Presiden melihat di Tanah Abang Jakarta, kita akan coba di Solo. Sehingga nanti harapannya akan lebih banyak (sasarannya),” ujarnya.

Selain Solo, lanjut Ganjar, Kota Semarang juga dipilih untuk pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok masyarakat pasar. Pertimbangannya, adalah pusat keramaian dan kegiatan ekonomi.

Usulan vaksinasi untuk kelompok pasar ini juga sudah lama disiapkan Ganjar, saat rapat bersama lima gubernur lain dengan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu.

“Waktu itu Pak Presiden bilang, ‘pak gub ke saya, siapkan itu pasarnya’, ya pak gimana kalau Solo sama Semarang, gitu jadi kita siapkan dua skenario itu,” kata Ganjar.

Selain Solo, lanjut Ganjar, Kota Semarang juga dipilih untuk pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok masyarakat pasar. Pertimbangannya, adalah pusat keramaian dan kegiatan ekonomi.

Selain itu, Ganjar mengatakan pihaknya juga sedang menyiapkan titik pelaksanaan vaksin untuk pelayan publik. Harapannya, dengan titik-titik yang disiapkan tersebut proses vaksinasi pada pelayan publik yang jumlahnya ribuan akan berlangsung cepat.

“Jadi target kita cepat. Harusnya tidak sulit karena datanya sudah ada, lokasinya sedang disiapkan, nanti tinggal kapasitas yang ada kita mau itu dioptimalkan, maka ini soal cerita mekanisme menyusun,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Catatan Redaksi: Berita ini telah mengalami penyuntingan ulang pada judul  dan isi demi peningkatan kualitas berita

Comments
Loading...