Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Bulog Pati Siap Serap Gabah, Petani Korban Banjir Tak Perlu Khawatir

Petani memanen padi miliknya di tengah kepungan banjir. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Bulog Subdivre II Pati meminta para petani korban banjir yang terpaksa panen dini tak usah khawatir padinya tak laku di pasaran. Pasalnya, dalam waktu dekat ini Bulog akan melakukan penyerapan gabah dari petani.

Kepala Bulog Pati Yonas Haryadi Kurniawan mengatakan, untuk penyerapan pihaknya akan menggandeng para mitra. Langkah itu dilakukan lantaran Bulog kesulitan melakukan proses pengeringan.

“Mitra yang kami gandeng ini adalah yang mempunyai mesin pengering secara cepat. Sehingga padi yang terendam banjir juga masih bisa diproses,” katanya, Jumat (19/2/2021).

Hanya, lanjutnya, ia mengakui untuk penyerapan kualitas gabah menjadi prioritas utama. Gabah kering yang tidak sesuai standar kualitas, tidak bisa diserap langsung oleh Bulog.

“Karena itu kami menggerakkan para mitra. Nanti yang membeli gabah milik petani adalah mitra yang memiliki alat pengering. Dari mitra itu, berasnya baru bisa kami beli. Jadi tidak secara langsung, tetapi kami tetap melakukan penyerapan,” terangnya.

Dia menjelaskan, padi yang terendam banjir ini mempunyai kadar air tinggi. Karena itu dibutuhkan pengeringan ekstra agar ketika sudah diproses menjadi beras, kadar airnya bisa berkurang.

Sementara apabila kadar air tinggi, maka beras tidak akan bisa bertahan lama apabila disimpan. Paling dalam waktu tiga bulan, kondisi beras akan rusak dan mengalami penyusutan.

“Karena itu, petani yang panen dini tidakperlu hawatir. Kami tetap akan melakukan penyerapan,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...