Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pemkab Jepara Ajak Kaum Muda Pahami Tentang Literasi Media

Sejumlah narasumber memberikan pemahaman tentang pentingnya literasi media. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Di tengah derasnya kran informasi saat ini, masyarakat kadang-kadang malah justru kebingungan untuk mendapatkan informasi yang benar. Terutama di masa pandemi Covid-19, masyarakat membutuhkan informasi yang faktual dan benar yang bisa menumbuhkan suasana positif dan sekaligus inspiratif. Agar tidak menghadapi situasi seperti itu, masyarakat terutama kaum muda, perlu memahami tentang literasi media.

Kepala Dinas Komunikasi dan informasi (Diskominfo) Jepara, Arif Darmawan menyatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang berkaitan dengan literasi media. Termasuk kegiatan  yang dilaksanakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Jepara, dalam Road Show Jurnalistik yang dilaksanakan dalam pekan ini.

Arif Darmawan menyampaikan hal ini dalam kesempatannya menghadiri kegiatan Road Show Jurnalistik PWI Jepara, yang diisi dengan kegiatan literasi media di Balai Desa Langon, Rabu (17/2/2021) malam. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 30 orang anggota Karang Taruna Desa Langon.

Dalam kesempatan ini, Arif Darmawan juga didaulat membuka acara ini, secara resmi. Road Show Jurnalistik yang di gelar di Langon sendiri, merupakan kegiatan yang kedua dari tiga rangkaian kegiatan Road Show Jurnalistik PWI Kabupaten Jepara.

“Dengan memahami literasi media, maka para generasi muda akan bisa bersikap bijak dan benar di dalam menyikapi situasi yang terjadi saat ini. Kaum muda harus bisa menyebarkan virus positif sebanyak mungkin melalui berbagai platform media sosial, sehingga Jepara menjadi tempat yang lebih baik lagi,” ujar Arif Darmawan.

Dijelaskan juga oleh Arif Darmawan, kemajuan teknologi mendongkrak penggunaan internet dan media sosial yang begitu masif. Karang Taruna sebagai bagian generasi milenial ini, merupakan kelompok usia terbesar pengguna media sosial.

Oleh karena itu, literasi media sangat penting untuk menyiapkan sikap mental mereka. Sehingga dari situ, kaum muda bisa mendapatkan informasi digital sehat, konstruktif, dan membangun mental masyarakat.

Sementara itu, Ketua PWI Jepara, Budi Santoso mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2021, di Kabupaten Jepara. Kegiatan di Langon merupakan yang kedua kali di gelar, setelah sebelumnya digelar kegiatan yang sama di Desa Banjaran, Bangsri. Terakhir masih aka nada satu kegiatan yang sama, yang rencananya akan digelar di Desa Sowan Lor, Kedung, pada akhir pekan ini.

Dalam kegiatan Road Show di Desa Langon, acara dipandu oleh Robi Shani wartawan medcom.id dengan narasumber masing-masing Khoirul Anwar (Radar Kudus), Faqih (JHI), dan Budi Utomo (Metro TV).

Masing-masing nara sumber memberikan berbagai penjelasan mengenai kerja-kerja jurnalistik yang mereka lakukan sehari-hari di Jepara. Terutama terkait dengan hoak, mendapatkan perhatian dari para peserta kegiatan. Mereka menanyakan berbagai hal terkait hoak, dan dijelaskan secara lengkap oleh para narasumber.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...