Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Panitia Seleksi Calon Direktur PDAM Grobogan Gandeng UNS Surakarta

Staf Bagian Perekonomian Setda Grobogan sedang menempelkan pengumuman seleksi calon direktur PDAM. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Rencana seleksi  calon Direktur PDAM Grobogan akan melibatkan tim dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Hal itu disampaikan Kabag Perekonomian Pemkab Grobogan Agus BK, Selasa (16/2/2021).

”Dalam tahapan proses seleksi calon Direktur PDAM Grobogan selanjutnya, kita akan menggandeng pihak ketiga dari kalangan perguruan tinggi. Tepatnya, dari UNS Surakarta. Hal ini kita lakukan untuk menjamin proses rekrutmen dilakukan profesional dan transparan,” ujarnya.

Pemilihan UNS dalam proses seleksi ini dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Salah satunya, dari pihak UNS selama ini sudah sering bekerja sama dengan Pemkab Grobogan dalam proses pengisian seleksi jabatan tinggi pratama.

Agus menegaskan, untuk tahapan pendaftaran calon Direktur PDAM sudah resmi ditutup pada hari ini. Hingga batas akhir, totalnya ada delapan orang pelamar.

Dari delapan orang ini, lima di antaranya mengirimkan lamarannya pada Senin (15/2/2021). Yakni, Adhi Yunantono yang berasal dari Bekasi, Jawa Barat dan mantan Direktur PDAM Grobogan periode 2016-2020 Bambang Pulunggono.

Kemudian, dua pelamar berikutnya dari internal PDAM Grobogan. Masing-masing, Kepala Unit PDAM Kecamatan Brati Sudarsono dan Kepala Unit Kecamatan Godong Eko Supriyanto.

“Keempat orang ini menyerahkan berkas lamarannya secara langsung. Sedangkan satu orang lagi atas nama Mamo Arief Sudharmono dari Jakarta, mengirimkan lamarannya via pos,” jelasnya.

Untuk pelamar pada hari ini, lanjut Agus, ada tiga orang. Yakni, mantan Direktur Perusda Purwa Aksara Grobogan Myra Heltyani, Ary Soelistiono (internal PDAM), dan Edi Soepriadi dari Purwodadi.

Setelah pendaftaran, akan dilanjutkan dengan tahapan seleksi administrasi (17-18 Februari), pengumuman hasil seleksi administrasi (19 Februari), uji kelayakan dan kepatutan (23-24 Februari) serta pengumuman hasil uji kelayakan dan kepatutan (1 Maret).

“Tahapan berikutnya adalah wawancara akhir (2-3 Maret). Untuk pengumuman hasil akhir seleksi akan disampaikan pada 5 Maret. Jadwal dan tahapan ini bisa berubah sewaktu-waktu dan akan kita sampaikan jika ada perubahan,” jelasnya.

Menurut Agus, proses rekrutmen calon Direktur PDAM ini terbuka untuk umum. Artinya, selain dari kalangan internal PDAM, dari pihak luar juga punya kesempatan untuk mengikuti seleksi.

Ditambahkan, posisi direktur PDAM Grobogan definitif saat ini kosong setelah pejabat sebelumnya, yakni Bambang Pulunggono habis masa kerjanya pada awal November 2020 lalu. Pucuk pimpinan BUMD ini untuk sementara diemban oleh seorang pelaksana tugas sampai terpilihnya direktur yang baru.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...