Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Wisata Keliling Hutan Patiayam Pakai Jip Disiapkan Pokdarwis Kandangmas Kudus

Wisata jip menawarkan beragam rute yang dapat dimanfaatkan wisatawan yang ingin menguji adrenalin. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Pokdarwis Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus menggagas ekowisata hutan. Rencananya Pokdarwis Desa Kandangmas akan bekerja sama dengan Kelompok Tani Hutan (KTH) Patiayam Rejo dengan memanfaatkan hutan seluas 11 hektare.

Konsep ekowisata hutan ini nantinya wisatawan akan dimanjakan berkeliling hutan dengan menggunakan mobil jip. Saat ini ekowisata hutan masih dalam tahap perencanaan.

Ketua Pokdarwis Desa Kandangmas Sabari mengatakan, pihaknya sedang merencanakan rute yang akan dilewati.

Untuk akses masuk saat ini masih terdapat tanaman dari petani setempat, seperti kencur, laos, dan ketela. Sehingga harus menunggu masa panen terlebih dahulu sebelum dilakukan pembukaan jalan.

Menurut Sabari pembukaan akses jalan di Dukuh Sintru Desa Kandangmas ini baru bisa dilakukan sekitar pertengahan 2021 ini. Hal ini juga bergantung pada situasi pandemi Covid-19.

“Perkiraan pertengahan tahun ini setelah panen. Tapi melihat situasi pandemi juga. Selain itu untuk saat ini juga curah hujan masih tinggi. Sehingga jadi pertimbangan kami juga untuk membuka askes jalan,” katanya, Selasa (16/2/2021).

Rute yang sedang dipersiapkan saat ini dimulai dari zona satu atau rest area yang terdapat di Desa Kandangmas. Wisatawan nantinya akan diarahkan ke zona dua yang berada di Dukuh Sintru. Lalu masuk ke kawasan hutan Patiayam Rejo.

Dari kawasan hutan Patiayam Rejo, wisatawan diarahkan ke selatan. Di situ ada beberapa destinasi yang bisa diakses. Mulai dari Bukit Termetes, perahu Logung, Puser Angin, maupun ke Museum Situs Patiayam.

Selain kesiapan rute, pihaknya saat ini tengah menyiapkan kebutuhan sarpras. Seperti gasebo, warung, dan toilet.

“Harapan kami bisa menciptakan wisata hutan sekaligus menambah destinasi wisata bagi masyarakat di Desa Kandangmas. Sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan warga sekitar,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...