Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

‘Syamsu Hidayat HTI’ Jadi Trending Topik Usai Penerbit Buku Soal Pak Ganjar Dilaporkan ke Polda

Tangkapan layar unggahan soal Syamsu Hidayat dan HTI di akun @narkosun. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Forum Wali Murid Jawa Tengah melaporkan PT Tiga Serangkai atas buku pelajaran yang berisi materi “Pak Ganjar Tidak Pernah Bersyukur” ke Polda Jateng, Senin (15/2/2021). Pelaporan dilakukan, lantaran diduga menyebarkan informasi yang  menimbulkan rasa kebencian.

Usai dilaporkan ke Polda Jateng, nama salah satu pimpinan PT Tiga Serangkai, yakni Syamsu Hidayat, menjadi trending topik di Twitter. Pasalnya, Syamsu ditengarai berafiliasi dengan organisasi terlarang Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Pada Senin malam tadi, kata “Syamsu Hidayat HTI” bahkan masuk jajaran trending topic nasional. Salah satu akun yang mendapat perhatian soal cuitan ini yakni @narkosun.

Ia menuliskan desakan kepada kepolisian agar mengusut keterkaitan Syamsu Hidayat dengan HTI. Ia juga memasang foto Syamsu Hidayat yang membentangkan bendera yang identik dengan bendera HTI.

“Penerbit Tiga Serangkai hari ini dilaporkan ke polda Jateng oleh forum wali murid. Mereka mendesak polisi mengusut TS karena dianggap berafiliasi dgn HTI. Syamsu Hidayat pernah foto dgn bendera hitam ala HTI. Ayo pak diusut, ngeri ini. Apalagi buku2nya dibaca oleh banyak murid,” tulisnya.

Cuitan ini mendapat like 221 dan diretweet sebanyak 62 kali. Bahkan sebelumnya, ketika dia mengunggah foto yang sama ditambah tangkapan layar berita yang menyebut Syamsu Hidayat merupakan komisaris PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, cuitannya itu diretweet sebanyak 215 kali dan mendapat 740 like.

Netizen pun memberi dukungan kepada kepolisian untuk segera menindak keterkaitan Syamsu Hidayat dengan HTI secara tuntas.

akun @im_tiffannyy merasa khawatir, jika anak-anak, para pelajar akan jadi korban penyebaran ideologi terlarang di negara ini dan terpengaruh ujaran kebencian karena mengonsumsi pelajaran yang keliru.

“Masalah kayak gini harus banget ya di urus, masalahnya kalo para murid baca kan bahaya takutnya terpengaruh lagi Syamsu Hidayat HTI,” cuitnya.

Selain itu, banyak pula netizen yang menyertakan video wali murid yang tengah melaporkan keterikatan Syamsu Hidayat dengan HTI kepada kepolisian.

Baca: Soal ‘Pak Ganjar Tidak Pernah Bersyukur’ di Buku Pelajaran, Gubernur Jateng: Saya Sih Biasa Saja

Dalam video berdurasi 53 detik tersebut, sambil menyebut Syamsu Hidayat merupakan komisaris Tiga Serangkai, wali murid tersebut juga menunjukkan dua foto Syamsu. Yang pertama ketika dia membentangkan bendera HTI dan yang kedua foto Syamsu bersama Felix Siauw.

Sementara itu Koordinator Forum Wali Murid Jateng Tangguh Perwira menyatakan, buku pelajaran dengan konotasi negatif itu patut diduga ada pelanggaran pidana. Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada aparat kepolisian untuk mengungkap kasus tersebut.

Menurut Tangguh, yang dilakukan pihak penerbit bisa jadi merupakan upaya meracuni pendidikan anak-anak dan mengarahkan generasi penerus dalam gerakan radikalisme.

“Kami mengadukan ke polda terkait dengan PT Tiga Serangkai, yang mencetak terkait dengan ujaran paham kebencian. Kami harap polda mengusut kasus penyebutan nama Ganjar dalam soal buku pendidikan Agama Islam ini yang dicetak PT Tiga Serangkai. Dan kami minta polda untuk segera mengungkap apa motif di baliknya,” katanya seperti dikutip dari Radio Idola.com.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...