Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hujan Disertai Angin Kencang, Satu Rumah Warga Jepara Roboh

Sebagian bangunan rumah warga Desa Jebol Jepara roboh usai diterjang hujan deras disertai angin. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Hujan deras disertai dengan angin kencang yang terjadi Senin (15/2/2021) dini hari mengakibatkan rumah milik Sholkan (55), warga RT 5 RW 2 Desa Jebol, Mayong, Jepara roboh. Selain kencangnya angin, robohnya rumah tersebut diduga lantaran usia bangunan sudah tua sehingga tidak kuat menahan amukan hujan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara, Arwin Noor Isdiyanto menjelaskan, sejak Minggu (14/2/2021) malam, kawasan Desa Jebol diketahui terjadi hujan deras disertai angin kencang.

“Selain karena hujan deras dan angin kencang, kejadian itu juga dikarenakan kondisi rumahnya yang sudah tua. Kayu-kayunya yang menjadi material utama bangunan, diduga sudah lapuk, sehingga akhirnya roboh. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” ujar Arwin Noor Isdiyanto, Senin (15/2/2021).

Terpisah, Petinggi Desa Jebol, Saiful Huda menyatakan, pembersihan puing-puing bangunan masih dilakukan sejumlah relawan BPBD Jepara, masyarakat dan relawan bencana lainnya. Kerusakan di rumah tersebut terjadi di bagian ruang tengah, samping dan belakang.

Kerugian diperkirakan mencapai sekitar Rp 25 juta. Rumah yang ditinggali Sholkan berserta anak dan cucunya itu praktis tidak bisa tinggal di rumahnya untuk sementara waktu, hingga diperbaiki kembali.

“untuk sementara waktu akan korban beserta keluarga mengungsi ke rumah saudaranya yang lebih aman,” terangnya.

Dia menambahkan, warga sudah melaksanakan kerja bakti membantu keluarga Sholkhan, untuk membersihkan puing-puing reruntuhan rumahnya. Pihaknya juga sudah membuat laporan kejadian ini kepada pihak-pihak yang berwenang terkait kejadian ini.

“Kami sudah melaporkan kejadian ini ke Camat, BPBD, Polsek dan pihak terkait lainnya. Kami juga sudah mengupayakan agar bisa dilakukan tindakan-tindakan pertolongan bagi keluarga terdampak. Pak Solkhan dipastikan akan mengungsi sementara waktu ke saudaranya,” ujar Saiful Huda.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...