Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Cegah Lowongan Kerja Abal-abal, Disnaker Kudus Fasilitasi Para Pencari Kerja

Warga melihat papan informasi lowongan kerja di Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM Kabupaten Kudus tahun ini kembali memfasilitasi para pencari kerja. Tujuannya agar pencari kerja terhindar dari lowongan kerja abal-abal.

Langkah yang dilakukan pihak Disnaker yakni dengan cara berkomunikasi dengan pihak HRD dari tiap-tiap perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja. Setelah mendapatkan informasi, pihak Disnaker menginfokan lowongan kerja kepada masyarakat.

Informasi lowongan kerja itu disampaikan lewat media sosial maupun lewat edaran yang ditempel di papan informasi lowongan kerja yang terdapat di Kantor Disnaker Kudus.

Menurut Kepala Bidang Penempatan Pelatihan dan Produktivitas Dinaskerperinkop UKM Kudus Bambang Santoso, pihaknya kembali melanjutkan program ini untuk tahun ini.

Upaya yang sudah dilakukan sejak 2018 ini dirasa memiliki dampak positif. Menurutnya kondisi sebelum tahun 2018 banyak perusahaan yang secara langsung hanya meminta data kartu kuning pekerja.

“Kalau sebelum 2018 perusahaan langsung minta data kartu kuning dari tiap-tiap pekerja. Yang saya khawatirkan itu nantinya ada perusahaan abal-abal. Padahal data kartu kuning pekerja itu kan ada banyak informasi di situ. Takutnya disalahgunakan,” katanya, Senin (15/2/2021).

Dia menyebut, dengan fasilitasi yang dilakukan pihaknya akan saling menguntungkan antar pihak. Masyarakat bisa mendapatkan informasi yang valid. Sedangkan dari sisi perusahaan, menurut Bambang bisa lebih mudah saat melakukan rekrutmen.

Lebih lanjut, pihaknya terus berupaya mengantisipasi adanya lowongan kerja abal-abal. Dia juga mengimbau agar berhati-hati saat memilih lowongan pekerjaan.

“Ketika ada informasi loker, sebaiknya disaring dulu sebelum di-sharing. Komunikasikan juga ke dinas terkait perihal benar tidaknya loker tersebut,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...