Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

DPRD Kudus Desak Pemerintah Segera Turun Tangan Atasi Jalanan Rusak

Kerusakan jalan di depan SPBU Tanjungkarang diuruk tanah oleh Ketua DPRD Kudus Masan. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus Masan mendesak Pemkab Kabupaten Kudus maupun Pemerintah Provinsi Jateng untuk segera turun tangan mengatasi puluhan lubang yang kini tersebar di jalanan Kabupaten Kudus.

Banyaknya lubang sendiri, merupakan dampak dari banjir yang menggenangi sejumlah jalan kabupaten maupun provinsi beberapa waktu lalu.

“Pemerintah daerah maupun provinsi harusnya sigap dalam menangani ini. Lubang bisa saja mencelakakan masyarakat,” ujar Masan saat menguruk jalan berlubang di Jalan Kudus-Purwodadi di depan SPBU Tanjungkarang, Senin, (15/2/2021).

Selain bisa mencelakai masyarakat, penumpukan kendaraan hingga kemacetan panjang di ruas jalan yang berlubang juga sangat bisa terjadi. Seperti pada jalan Kudus-Purwodadi atau arah menuju Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus yang saat ini masih tergenang dan menganga banyak lubang.

Pada ruas jalan tersebut, Masan mengatakan ada satu lubang jalan yang sangat besar. Sehingga kendaraan harus berjalan pelan dan berhati-hati saat melintasi lubang tersebut. Akibatnya, lalu lintas pun tersendat karena adanya penumpukan kendaraan.

Terkait ini, Masan harus merogoh kocek pribadi untuk menanggulangi sementara titik jalan berlubang yang dianggap menjadi biang kemacetan di jalan tersebut.

“Karena lubang di jalan ini bisa membuat kemacetan dua hingga tiga kilometer, kami tutup dengan satu dam pasir dan krikil,” ujar Masan.

Pihaknya menambahkan, masih banyak titik-titik lubang yang membutuhkan penanganan segera. Oleh karena itulah pihaknya berharap baik Pemkab Kudus maupun Pemprov jateng bisa segera aktif melakukan penanganan.

“Walaun dalam kondisi tergenang, Dinas PUPR pasti mengetahui bagaimana solusinya, keselamatan masyarakat yang terpenting,” tegas dia.

Senada, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Kudus Rinduwan mendesak Pemkab Kudus segera turun tangan untuk menangani banyaknya jalanan yang berlubang di Kudus. Dengan begitu masyarakat Kota Kretek bisa aman ketika berkendara.

Sementara Alfira (23) salah satu warga yang kerap melintasi jalan tersebut juga berharap adanya penanganan jalan jalan yang berlubang. Pihaknya pun selama ini harus berhati-hati karena banyaknya lubang tak terlihat karena masih tergenang banjir.

“Salah satu lubangnya sudah diberi pasir dan kerikil tadi, harapannya memang semua diatasi, genangannya juga semoga bisa segera menyusut,”tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...