Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Banjir dan Longsor Terjang Desa Sumber Rejo Jepara, Tiga Rumah Warga Rusak

Sebuah rumah di Desa Sumberejo, Kecamatan Donorojo, Jepara roboh usai diterjang longsor. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Bencana banjir dan tanah longsor terjadi di Dukuh Tempur, Desa Sumberejo, Kecamatan Donorojo, Jepara, Sabtu (13/2/2021) pagi. Kejadian ini menimbulkan kerusakan di tiga rumah milik warga.

Hingga Sabtu (13/2/2021) siang masyarakat masih bergotong royong melakukan pembersihan sungai dan rumah warga yang rusak.

Kepala Pelaksana Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Jepara Arwin Noor Isdiyanto menyatakan, bencana yang terjadi disebabkan karena sumbatan pada Sungai Dukuh Tempur.

Sebatang pohon randu dan rumpun bambu yang terbawa banjir menyangkut di jembatan sebelah Masjid di wilayah RT 1 RW 1, Sumberejo. Akibatnya air meluap hingga menimbulkan gerusan pada tanah hingga menimbulkan longsor.

“Ada tiga rumah warga yang mengalami kerusakan. Air banjir yang menimbulkan longsor. Dampaknya rumah warga ada yang kena di beberapa bagian hingga roboh,” kata Arwin Noor Isdianto, Sabtu (13/2/2021).

Rumah warga yang mengalami kerusakan, masing-masing milik Ibu Aslikah, Sapuan, dan Kafid. Semua merupakan warga di wilayah RT 1 RW 1 Dukuh Tempur Desa Sumber Rejo. Kerugian secara keseluruhan diperkirakan mencapai Rp 70 juta.

Bagian rumah ibu Aslikan dan Kafid mengalami kerusakan pada bagian bangunan yang difungsikan sebagai dapur. Bangunan tersebut berukuran cukup luas mencapai kurang lebih 9×7 meter.

Akibat terjangan banjir yang membawa longsoran, bangunan ini roboh rata dengan tanah. Kejadian ini sempat membuat pemiliknya shok, lantaran semua benda yang ada di dalamnya tertimbun longsoran.

“Dari laporan yang kami terima, semua perlengkapan dapur dan benda yang ada di dalam bangunan sebagian besar tertimbun longsoran. Termasuk juga hewan ternak ayam dan bebek. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun bagian bangunan ini rata dengan tanah,” tambah Arwn Noor Isdiyanto.

Sedangkan rumah milik Sapuan, bagian yang rusak adalah kandang kambing dan dapur. Bangunan yang terbuat dari kayu dan genteng pres mengalami kerusakan. Kandang kambing diketahui roboh, sementara bagian dapur, meski masih berdiri, namun material longsor masuk dalam bangunan.

Saat ini BPBD Jepara sudah mengirimkan tim untuk melakukan pemetaan lokasi kejadian. Selain itu juga sudah disampaikan sejumlah bantuan. Masyarakat juga sudah mulai melakukan pembersihan material dari bencana yang terjadi.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...