Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dapat Bantuan Logistik dari Presiden, Plt Bupati Kudus Salurkan Langsung ke Pengungsi Banjir

Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat memberikan bantuan secara simbolis pada korban banjir di Desa Jati Wetan, Kudus , Jumat (12/2/2021). (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo menyalurkan langsung paket sembako program Bantuan Presiden (Banpres) dari Presiden Joko Widodo kepada warga terdampak banjir di Desa Jati Wetan, Kabupaten Kudus, Jumat (12/2/2021).

Banpres tersebut, sebelumnya diserahkan secara simbolis oleh perwakilan Kementerian Sekretariat Negara kepada Hartopo. Isinya paket bantuan berupa beras lima kilogram, minyak goreng satu liter, gula satu kilogram , teh satu kotak, dan masker.

Usai menyerahkan paket bantuan sembako di pengungsian Balai Desa Jati Wetan, Hartopo kemudian meninjau lokasi banjir di desa tersebut.

Hartopo memaparkan, banjir yang menggenangi desa tersebut perlu segera disedot dan dialirkan ke Sungai Wulan yang sudah mulai turun debitnya. Namun saat ini, Pemerintah Kabupaten Kudus hanya memiliki dua pompa sehingga masih belum maksimal.

“Kami masih memerlukan pompa untuk menyedot genangan air di Jati Wetan, sehingga genangan air dapat disedot,” ujar dia.

Pihaknya juga menyampaikan daerah rawan banjir tersebut perlu dibangun embung ataupun resapan air. Dengan adanya embung, air hujan dapat ditampung dan meminimalisir banjir.

“Salah satu solusi mengatasi banjir di daerah ini adalah membangun resapan air. Kalau ada embung kan airnya ditampung dulu,” sambung dia.

Untuk saat ini, Pemerintah Kabupaten Kudus selalu berkoordinasi dengan camat dan kepala desa terkait penanganan banjir. Persediaan logistik, obat-obatan dan posko pengungsian pun dipastikan selalu terpantau dengan baik.

Hal tersebut tak lepas dari komitmennya agar masayarakat yang mengungsi tetap bisa makan teratur dan kesehatannya terjaga.

“Kami selalu siaga untuk menyuplai logistik, obat-obatan dan mempersiapkan posko pengungsian. Semua kebutuhan logistik dan pengobatan ditanggung Pemerintah Kabupaten Kudus,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...