Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pandemi, Suasana Kelenteng Hok An Bio Purwodadi Jelang Imlek Terlihat Sepi

Penjaga Kelenteng Hok An Bio Purwodadi sedang melakukan penyemprotan disinfektan. (MURIANEWS/Dani Agus)

MURIANEWS, Grobogan – Suasana Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) atau Kelenteng Hok An Bio Purwodadi terlihat berbeda dari biasanya, Kamis (11/2/2021). Di mana, sehari menjelang datangnya tahun baru Imlek 2572, tempat ibadah umat Konghucu yang ada di Jalan Brigjen Katamso Purwodadi itu tampak sepi.

Padahal, pada tahun-tahun sebelumnya, suasana kelenteng itu selalu semarak menjelang datangnya Imlek.

Dari pantauan di lokasi, hanya terlihat satu orang pria yang ada di Kelenteng Hok An Bio. Orang tersebut ternyata adalah penjaga kelenteng yang bernama Parjoko.

Pria berusia 70 tahun itu sedang membersihkan pelataran. Setelah itu, pria tersebut melakukan penyemprotan disinfektan di sekeliling kelenteng.

“Suasana Imlek kali ini berbeda dari sebelumnya. Saat ini, masih masa pandemi sehingga aktivitas dibatasi dulu untuk mencegah penularan Covid-19. Oleh sebab itu, suasananya memang tampak sepi,” katanya.

Meski demikian, ritual ibadah terkait dengan datangnya Tahun Baru Imlek 2572 tetap diselenggarakan. Hanya saja, orang yang datang langsung ke kelenteng dibatasi guna mencegah adanya kerumunan.

“Kita berharap agar pandemi ini segera berakhir, sehingga semua aktivitas masyarakat bisa kembali normal seperti sebelumnya,” pungkasnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...