Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Setelah Jateng di Rumah Saja, Ganjar Ajak Seluruh ASN Tak Kemana-mana saat Libur Imlek

Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Semarang – Gubernur Jawa Tengah kini ganti mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk tetap di rumah saja selama libur Imlek 2572. Ajakan ini digelorakan, setelah sebelumnya Ganjar mencanangkan Jateng di Rumah Saja pada 6-7 Februari 2021 lalu.

Ganjar mengatakan, para ASN di Jateng diajak untuk tetap di rumah saja selama libur panjang Imlek, sebagai bentuk teladan kepada masyarakat.

Ia mencontohkan, jika tiap ASN mempunyai empat anggota keluarga, maka akan ada ratusan ribu orang yang tidak bepergian selama libur panjang. Hal ini menurutnya, akan sangat membantu mengurangi potensi penyebaran Covid-19.

“Belum lagi kalau dia membantu temennya, tetangganya, saudaranya untuk tidak ikut (bepergian selama libur panjang). Maka kita harapkan kita akan bisa memotong proses penularan covid itu jauh lebih cepat,” ujar Ganjar, Kamis (11/2/2021).

Ajakan Ganjar itu juga merujuk pada Surat Edaran MenPAN-RB yang ditandatangani Tjahjo Kumolo di Jakarta Selasa (9/2/2021) dengan Nomor 4 Tahun 2021. Surat edaran itu berisi tentang pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah bagi ASN selama libur Imlek 2021 yang berlaku pada 11-14 Februari 2021.

“Sudah ada surat dari Pak Menpan agar seluruh ASN di rumah saja selama libur panjang, kecuali memang mereka menjalankan tugas,” katanya.

Bagi ASN yang dalam keadaan terpaksa hendak berpergian diminta untuk terlebih dahulu mendapatkan izin dari pejabat pembina kepegawaian di lingkungan instansinya.

“Kita sudah menyampaikan dan semua yang mau keluar kalau memang itu penting izin dulu pada Sekda. Jika staf di bawah izin dulu pada kepala dinas. Kalau nanti nekat kita sudah punya regulasi dan aturan yang sifatnya internal dari kita,” pungkasnya.

 

Reporter: Ali Muntoha
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...