Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tersangka Pembunuh Sekeluarga di Rembang Terancam Hukuman Mati

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi memberi keterangan terkait kasus pembunuhan sekeluarga di Rembang. (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Rembang – Polisi telah menetapkan satu tersangka dalam kasus pembunuhan Anom Subekti dan tiga anggota keluarganya, di Desa Turusgede, Rembang. Tersangka diketahui bernama Sumani (43), warga Desa Pragu, Kecamatan Sulang, Rembang.

Saat ini tersangka masih dirawat intensif di RSUD Rembang, lantaran sempat mencoba bunuh diri dengan minum pestisida saat dijemput polisi.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, penetapan tersangka berdasarkan barang bukti dan lainnya. Ancaman hukuman untuk tersangka cukup berat, karena dikenai pasal berlapis.

“Tersangka diancam dengan hukuman mati dan pidana seumur hidup,” kata kapolda saat konferensi pers di Mapolres Rembang, Kamis (12/2/2021).

Menurutnya, tersangka dalam hal ini sudah melakukan pembunuhan secara berencana. Selain itu juga penganiayaan berat dan pencurian.

Sehingga tersangka dijerat dengan empat pasal sekaligus, lantaran dua korban pembunuhan masih di bawah umur.

Tersangka dalam hal ini dijerat dengan Pasal 340 KUHP subsidair 338 KUHP dan/atau 365 Ayat (3) KUHP atau Pasal 80 Ayat (3) Jo Pasal 76C Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Pada Pasal 340 KUHP ancaman hukumannya yakni hukuman mati atau seumur hidup, atau penjara selama-lama 20 tahun. Kemudian Pasal 338 KUHP dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 15 tahun.

Pasal 365 Ayat (3) KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjaradan Pasal 80 Ayat (3) Jo Pasal 76C Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara dan/atau denda maksimal Rp 3 miliar.

Baca: Tersangka Pembunuh Sekeluarga di Rembang Sempat Minum Pestisida Saat Dijemput Polisi

Diketahui, korban pembunuhan oleh Sumani adalah Anom Subekti yang merupakan seniman dalang dan pengusaha gamelan. kemudian istrinya yakni Tri Purwati, anaknya Alfitri Safiyatina, dan cucunya Galuh Lintang Laras Kinanti.

Keempat korban ditemukan di kamar terpisah, yakni Anom bersama anak dan cucunya berada di kamar yang sama. Senentara istri korban berada di kamar terpisah.

Tersangka diduga kuat membunuh korban dengan menggunakan sabit dan benda tumpul. Sabit ditemukan berada di kamar istri korban dan berlumuran darah. Hanya saja, untuk benda tumpul masih belum ditemukan.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...