Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pemprov Upayakan Pompa untuk Sedot Banjir di Kudus

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen (putih) bersama Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat berada di pengungsian Desa Karangrowo. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah segera mengupayakan peminjaman pompa air untuk menyedot genangan banjir yang ada di sejumlah desa di Kabupaten Kudus. Mengingat banjir hingga kini belum surut.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengatakan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk meminjami Kudus pompa penyedot banjir.

“Karena masih hujan, kalau hanya menunggu debitnya, akan butuh waktu lama,” ucap Yasin ketika mengunjungi lokasi pengungsian di Desa Karangrowo, Rabu (10/2/2021).

Dari Pemerintah Kabupaten Kudus sendiri, sambung Yasin, telah berkomunikasi untuk pengadaan pompa penyedot. Sehingga sesegera mungkin untuk dipinjamkan dari provinsi.

“Tapi ini banjir ada di mana-mana, debit air juga masih tinggi sehingga mungkin pembuangannya tak bisa maksimal nanti,” sambung dia.

Selain pengadaan pompa, pihak pemprov juga akan mengupayakan normalisasi sungai untuk pemecahan masalah jangka panjang. Walau memang sungai yang mengalir di Kabupaten Kudus merupakan ranahnya pemerintah pusat.

“Kami komunikasikan dengan BBWS pusat dan PUPR juga, ada anggaran multiyears untuk ini. Namun pengerjaannya tidak langsung, tapi dari provinsi juga akan ada penganggaran pembuangan ke kali Juana ini,” sambungnya.

Soal penanganan pengungsi, pihaknya mengatakan Pemkab Kudus telah sigap dalam menangani pengungsi. Baik dari segi pemenuhan logistik dan segi kebutuhan kesehatan pengungsi.

“Alhamdulillah, penanganan pengungsi banjir di Kudus sigap. Pak Bupati juga selalu cek. Untuk kebutuhan dasar pengungsi juga terpenuhi. Tinggal pompa saja untuk banjir di Kudus ini,” terangnya.

Sementara terkait kondisi jalan yang mulai berlubang di seputaran pantura, pihaknya akan mengkomunikasikan dengan Kementerian PUPR untuk pembiayaan perbaikan sepanjang Semarang menuju Rembang.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo berharap Pemprov Jateng bisa meminjamkan pompa agar air dapat segera disedot.

“Kami minta bantuan Pak Wagub terkait peminjaman pompa. Ini agar air bisa segera disedot dan disalurkan ke Sungai Wulan yang sudah mulai turun debitnya,” tandas dia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...