Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Usai PPKM Jilid II, Angka Kematian dan Penambahan Kasus Covid di Kudus Menurun

Ilustrasi (Pixabay)

MURIANEWS, Kudus – Kasus aktif corona dan angka kematian pasien corona di Kabupaten Kudus kembali mengalami penurunan usai pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap II yang berakhir awal pekan ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus dr Andiri Aridewi merincikan, untuk pasien aktif di Kudus turun menjadi 8,06 persen dari PPKM Tahap I sebesar 11,45 persen.

Kemudian untuk angka kematian, turun menjadi 9,17 persen di PPKM tahap II. Dari PPKM tahap I yang jumlahnya mencapai 9,42 persen.

”Secara keseleruhan, angka penularan kembali mengalami penurunan selama PPKM tahap kedua ini,” katanya, Rabu (10/2/2021).

Sementara untuk angka kesembuhan pasien, lanjut Andini, juga turut mengalami kenaikan. Jika pada PPKM pertama angka kesembuhan di angka 79,27 persen, kini pada tahap kedua naik menjadi 82,91 persen.

“Sehingga untuk keterisian tempat tidur pasien isolasi juga mengalami penuruan, untuk saat ini kini terisi 41 persen yang sebelumnya terisi 50 persen” sambung Andini.

Walau demikian, penerapan protokol kesehatan di kalangan masyarakat cenderung menurun dibanding penerapan PPKM pada tahap pertama. Terutama untuk perilaku mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Andini merincikan, untuk kesadaran penggunaan masker di Kudus kini ada di angka 51 persen. Dari PPKM tahap pertama yang berkisar di angka 57,3 persen.

Kemudian untuk kesadaran mencuci tangan, kini berada di angka 62,95 persen. Dari PPKM I yang berada di angka 64,09 persen.

“Sementara untuk menjaga jarak kini ada di angka 46 persen, dari PPKM tahap pertama yang berkisar di 49,21 persen,” terangnya.

Sementara untuk saat ini, Kabupaten Kudus masih terdapat 2947 kontak erat masih dipantau, 267 suspek, dan 82 probable. Dari 267 suspek dalam wilayah sebayak 151 dirawat dan 116 isolasi mandiri. Untuk 82 kasus probable keseluruhannya meninggal dunia.

Secara total kasus kasus terkonfirmasi Covid-19, saat ini tercatat sebanyak 5.063 kasus dari dalam wilayah. Dari jumlah kasus itu, 77 pasien masih dirawat, 298 kasus isolasi mandiri, dan pasien sembuh 4.227  orang, serta meninggal 461 orang.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...