Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Waspadai Penyakit dan Corona Saat Berada di Pengungsian, Ini Cara Mencegahnya

Warga mengungsi di Balai Desa Jati Wetan, Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Bencana banjir yang melanda di Kudus belum usai. Warga yang terdampak banjir juga berpotensi terserang penyakit selama di pengungsian.

Selain risiko terpapar Covid-19, warga yang saat ini berada di pengungsian bisa terserang penyakit gatal-gatal, infeksi kulit, diare, iritasi kulit, dan gangguan pencernaan.

Untuk mencegahnya, warga di pengungsian untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan, yakni 5 M.

“Karena saat ini masih dalam situasi pandemi saya sarankan untuk menetapkan 5M. Menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” kata, dr Hendra Octavianto, dokter di RS Aisyiyah Kudus, Rabu (10/2/2021).

Dia menyebut, warga juga berpotensi terserang penyakit kulit. Untuk itu dia mengimbau agar warga yang berada di pengungsian menjaga kebersihan diri dan kebersihan tempat.

“Rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Hindari berada di area yang terendam banjir. Karena air banjir itu kotor yang berpotensi menyebabkan gatal-gatal dan penyakit kulit lainnya,” ujarnya.

Lebih lanjut, ketika sudah berada di pengungsian hampir sepekan, menurut dr Hendra warga berpotensi terserang flu dan batuk. Oleh sebab itu, dia menyarankan warga yang agar menyambangi pos kesehatan.

“Biasanya ada posko kesehatan. Bisa dikonsultasikan di situ. Kalau misalnya tidak ada, hubungi relawan supaya nanti diarahkan ke tenaga medis,” ujarnya.

Dokter Hendra juga mengimbau agar asupan makanan bagi pengungsi diperhatikan. Makanan yang mengandung protein dan karbohidrat harus disediakan bagi pengungsi.

Ketersediaan sanitasi di pengungsian dapat diperhatikan. Selain itu ketersediaan air bersih juga harus tersedia. Sebab, menurutnya hal ini sebagai faktor untuk menunjang kesehatan warga selama berada di pengungsian.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...