Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Seribu Lebih Warga Kudus Mengungsi karena Banjir, BNPB Kirim Bantuan untuk Cukupi Logistik

Dapur umum di pengungsian Jati Wetan, Kudus. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus –Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus mendapat bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) senilai Rp 250 juta.

Bantuan tersebut, diperuntukkan guna memenuhi kebutuhan logistik para warga terdampak bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Kudus selama 14 hari ke depan.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus Budi Waluyo mengatakan, bantuan juga diperuntukkan untuk warga terdampak tanah longsor.

Sehingga pihaknya kini juga tengah memetakan warga yang rumahnya terdampak bencana tanah longsor. “Jadi bantuan bisa tepat sasaran,” katanya, Selasa (9/2/2021).

Selain itu, pihaknya juga tengah berkomunikasi dengan masing-masing lokasi pengungsian terkait apa saja yang dibutuhkan para pengungsi. Terutama terkait kebutuhan logistik.

Budi menyebut, sampai saat ini, jumlah pengungsi akibat banjir di sejumlah desa di Kabupaten Kudus kini mencapai seribu orang lebih.

Jumlah tersebut, tersebar di enam pengungsian. Yakni di pengsuian Desa Payaman, Jetis Kapuan, Karangrowo, Jati Wetan, dan Ngemplak.

“Jadi misal butuh sayur ya bisa, hanya memang sayur kan tidak bertahan lama, nanti kami komunikasikan dengan pihak ketiga terkait kebutuhan sayur ini,” tandasnya.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo memastikan para pengungsi di Kabupaten Kudus bisa makan tiga kali sehari dan menerima layanan kesehatan.

Pihaknya pun meminta para pengungsi tidak perlu khawatir. Karena kebutuhan logistik dan layanan kesehatan telah dijamin pemerintah. “Ini juga BPBD mendapat bantuan dari pemerintah pusat, jadi aman,” ucap Hartopo.

Bantuan dari berbagai kalangan, sambung dia, juga terus mengalir untuk korban bencana banjir di Kabupaten Kudus. Sehingga pihaknya memastikan kebutuhan logistik dalam kondisi aman. “Jadi untuk stok logistik Kudus sangat mencukupi,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...