Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Desa Payaman Kudus Terendam Banjir, Ketinggian Hingga Satu Meter

Warga terlihat sedang mencari ikan di lokasi banjir area persawahan Desa Payaman. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Banjir juga menggenangi sebagian wilayah di Desa Payaman, Kecamatan Mejobo, Kudus. Banjir tersebut akibat curah hujan yang sangat tinggi satu pekan terakhir. Bahkan ketinggian banjir mencapai satu meter.

Kepala Desa Payaman Nurhadi mengatakan, ada beberapa dukuh di Desa Payaman yang terdampak banjir.

Yakni keseluruhan Dukuh Karanganyar dan sebagian Dukuh Payaman. Sementara untuk Dukuh Bancak, hingga saat ini masih aman.

“Sudah semenjak Senin pekan kemarin banjir mulai masuk ke permukiman, tapi belum sampai setinggi ini. Kemarin sempat turun beberapa centimeter, tapi hujan tinggi mulai semalam membuat banjir kembali tinggi,” katanya Senin (8/2/2021) siang.

Sampai saat ini, lanjut dia, ketinggian air berkisar antara 60 hingga semeter. Secara keseluruhan, total warga yang terdampak banjir ada sekitar 1.500-an jiwa.

“Yang paling parah itu di Dukuh Karanganyar ada 319 rumah, 392 KK dan 1.200an jiwa. Selain rumah warga, akses jalan dan persawahan juga ikut terendam banjir. Kalau Dukuh Payaman hanya sebagian saja,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan ribuan warga yang terdampak banjir, mayoritas mengungsi di rumah saudara-saudaranya. Namun tak sedikit pula yang tetap bertahan di rumahnya masing – masing.

“Ada juga yang mengungsi di posko yang sudah kami sediakan di SD 2 Payaman,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...