Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Curah Hujan Tinggi, Banjir di Setrokalangan Kudus Kembali Meninggi

Warga melewati banjir di Desa Setrokalangan. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Curah hujan tinggi yang mengguyur Kota Kretek dari semalam mengakibatkan banjir yang menggenangi tiga dukuh di Desa Setrokalangan, Kaliwungu, Kudus, Sabtu (6/2/2021) kembali meninggi. Tiga dukuh tersebut, yakni Dukuh Setro, Dukuh Kalangan, dan Dukuh Karangturi.

Bahkan, hari ini beberapa rumah warga yang ada di Dukuh Karangturi mulai kemasukan air. Secara keseluruhan di desa tersebut ketinggian air meningkat sekitar 10 sentimeter.

“Meningkat 10cm jika dibanding semalam, ketinggianya itu, sekitar 10cm sampai 50cm. Informasi dari kadus setempat, selain di akses jalan menuju Dukuh Karangturi hari ini ada delapan rumah warga yang mulai kemasukan air,” kata Kepala Desa Setrokalangan Didik Handono, Sabtu (6/2/2021).

Akses jalannya pun, lanjut Didik, belum bisa dilalui kendaraan sebab ketinggianya masih mencapai 50 sentimeter. Selain itu, di Dukuh Setro RW 2 ada sekitar 30 rumah yang masih tergenang dan di Dukuh Kalangan hanya ada beberapa rumah.

“Bisanya akses lewat kaki tanggul, tapi jalannya baru separuh yang bagus, separuhnya lagi masih licin. Di Dukuh Kalangan ada dua rumah sekitar 5 sampai 10 cm,” ucapnya.

Ia menyebut, dikarenakan curah hujan tinggi juga mengakibatkan volume air di Sungai Wulan kembali meninggi. Ia pun berharap hujan bisa segera mereda agar Sungai Wulan tidak meluap lagi dan kembali melimpas ke permukiman warga.

“Kemarin itu sudah sempat turun 30 meter kubik per detik. Tapi tadi jam 6 pagi informasinya meningkat 225 meter kubik per detik dan jam 12 tadi naik signifikan 325 meter kubik per detik. Semoga tidak naik lagi, dan banjir di Setrokalangan bisa segera surut,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...