Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Lewat Goresan Tinta Custom Painting, Pria di Kudus Ini Bisa Menarik Cuan

Lukisan di sepatu karya Muhammad Danang Suryono. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Lewat keterampilan tangan, kreativitas, hingga imajinasi yang tinggi mampu menghasilkan cuan tersendiri bagi pria yang bertempat tinggal di Desa Bakalan Krapyak, Kecamatan Kaliwungu, Kudus ini. Muhammad Danang Suryono (27) namanya.

Dengan keluesan tanganya dalam menggoreskan beraneka macam warna tinta, mampu membuat sebuah barang dengan sebuah lukisan yang memiliki nilai seni yang tinggi. Mulai dari sepatu, jaket, hingga tas. Hasilnya pun bisa membawa cuan (keuntungan) tersendiri.

Pria yang baru mengakhiri masa lajangnya pada akhir tahun 2020 lalu itu menceritakan, mulai menekuni custom painting semenjak tahun 2018. Dulunya, sebelum masuk ke ranah custom painting, dirinya sudah menekuni bisnis mural, desain grafis, hingga ilustrator.

“Memang hobi menggambar, awalnya itu saya lihat di Kudus belum ada custom painting. Nah setelah itu saya coba karena berpikir seperti menggambar mural dan yang lain tapi cuman berbeda di medianya saja,” katanya Sabtu (6/2/2021).

Muhammad Danang Suryono melukis sepatu pelangganya. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

Custom painting yang dibuatnya, menggunakan tinta akrilik based. Tinta tersebut dipilihnya lantaran cukup awet dan tahan lama, bisa bertahan satu hingga dua tahun.

“Yang terpenting itu agar awet, saat nyuci jangan asal-asalan. Jangan sering disikat dengan sikat sembarangan,” ucapnya.

Dalam membuatnya pun ia tak memerlukan waktu yang lama. Bisa selesai dalam satu hingga tiga hari kerja, pengerjaanya pun bisa dengan tim bisa juga pribadi.

“Baik sepatu, jaket atau tas, paling bagus yang bahanya kanvas, denim, atau kulit. Yang agak sulit ketika ada bahan yang pori-porinya besar, jadi kurang bisa detail hasilnya. Kalau orderan banyak, saya bagi tugas dengan tim di tiap tahapnya,” ungkapnya.

Bahkan, ia mengaku pernah dipercaya untuk melukis sepatu dan jaket milik salah seorang pebulu tangkis Nasional Hariyanto Arbi. Dengan lukisan karakter wayang Arjuna yang dipadu dengan senjata raket bulu tangkis

“Nah jadi kalau desain itu kan biasanya perpaduan antara saya dan pelanggan. Pelanggan mintanya konsep seperti apa. Ada yang minta pewayangan, starwars, fans BTS juga ada, nah itu nanti saya terjemahkan dalam bentuk visual, ” jelasnya.

Ditanya soal tarif, biasanya ia mematok harga mulai Rp 500 ribu ke atas. Harga tersebut berdasarkan konsep, ukuran, hingga kerumitan lukisan di setiap custom painting itu sendiri.

“Harga itu sudah termasuk cuci bersih dan desain sesuai permintaan pelanggan,” imbuhnya.

Dalam satu bulan, paling tidak ia bisa memperoleh orderan sedikitnya dua custom painting dengan media yang berbeda-berbeda. Namun kebanyakan pelanggan membawa media barang sepatu.

“Bisa dibilang baru sedikit, karena selain custom painting saya juga sering dapat orderan mural dinding kafe, desain grafis logo hingga katalog produk. Contoh-contoh karya saya biasanya saya unggah di Instagram @danangsu,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...