Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Stasiun Tawang Semarang Terendam Banjir, Sebagian Penumpang Dialihkan dengan Bus

Kondisi Stasiun Tawang di Kota Semarang yang terendam banjir setinggi 70 cm, Sabtu (6/2/2021). (Dok/PT KAI Daops IV Semarang)

MURIANEWS, Semarang – Hujan deras yang mengguyur Kota Semarang, Jawa Tengah sejak Jumat (5/2/2021) melumpuhkan sejumlah aktivitas warga. Bahkan, guyuran hujan yang tak kunjung reda hingga Sabtu (6/2/2021) itu mengakibatkan Stasiun Semaraang Tawang, terendam banjir.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Dops) IV Semarang, Krisbiyantoro, mengatakan kondisi Stasiun Tawang saat ini terendam air hingga kedalaman 70 sentimeter.

“Akibatnya sejumlah fasilitas penumpang mengalami gangguan. Begitu juga dengan perjalanan kereta api menjadi terganggu,” ujar Krisbiyantoro seperti dikutip Solopos.com.

Pria yang akrab disapa Kris itu menyebut beberapa perjalanan KA yang terkendala itu antara lain KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasarturi-Jakarta yang tertahan di Stasiun Gambringan.

Lalu, KA Kaligung relasi Tegal tujuan Semarang yang tertahan di Stasiun Mangkang. KA Maharani tujuan Surabaya Pasartur-Semarang tertahan di Stasiun Brumbung, KA Kamandaka relasi Purwokerto-Semarang tertahan di Stasiun Pekalongan, KA Kedungsepur relasi Semarang-Ngrombo tertahan di Stasiun Tawang, dan KA Harina relasi Bandung-Pasarturi yang tertahan di Stasiun Poncol.

Selain perjalanan KA penumpang, sekitar 10 kereta api barang juga tidak bisa melanjutkan perjalanan karena jalur kereta sepanjang Semarang-Batang yang terendam banjir.

“Untuk KA yang terhambat, sebagian jalurnya kita alihkan melalui lintas selatan. Sebagian lagi, penumpangnya kita alihkan dengan menggunakan bus,” tutur Kris.

Kris menambahkan untuk saat ini perjalanan KA melintasi jalur utara belum bisa dilakukan. Hal tersebut dikarenakan jalur lintas utara masih terendam air setinggi 30 cm di atas kepala rel.

Jalur kereta api yang masih tergenang banjir itu yakni petak jalan Stasiun Poncol-Tawang dan Stasiun Tawang-Alastua.

“Untuk Stasiun Poncol hanya halaman parkir depan saja yang tergenang air,” tutur Kris.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Solopos.com

Comments
Loading...