Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Intensitas Hujan Meninggi, Belasan Desa di Pati Terendam Banjir

Sejumlah warga menggunakan perahu untuk beraktivitas (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Tingginya intensitas hujan sejak beberapa hari membuat setidaknya 15 desa yang tersebar di lima kecamatan terendam banjir dengan ketinggian beragam. Yakni mulai 20 sentimeter hingga satu meter.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati Martinus Budi Prasetya menyebutkan, berdasarkan data yang masuk ada 15 desa yang terendam banjir.

“Banjir dikarenakan intensitas hujan yang cukup tinggi. Kemudian ada juga yang terdampak luapan dari sungai Silugonggo,” katanya, Sabtu (6/2/2021).

Untuk wilayah Kecamatan Pati, banjir terjadi di Desa Gahahmati dan Mustokoharjo dengan ketinggian air rata-rata mencapai 30 sentimeter. Kemudian di Kecamatan Gabus berada ada di Desa Mintobasuki, Banjarsari, Sunggingwarno, Babalan, Tanjang, dan Kosekan.

“Di Gabus memang paling banyak yang terdampak banjir. Bahkan areal persawahan yang sudah tergenang juga mencapai ratusan hektare,” imbuhnya.

Selanjutnya adalah di Kecamatan Jakenan ada tiga desa yang tergenang banjir, yakni Desa Ngastorejo, Kedungmulyo dan Karangrowo. Kemudian di Juwana ada di Desa Kedungpancing dan Doropayung.

“Di Sukolilo ada di Desa Kasiyan dan Wotan. Untuk Kasiyan, banjir sudah berlangsung lama dan hingga saat ini belum surut,” terangnya.

Ia menambahkan, saat ini para relawan saat ini juga tengah berada dilokasi banjir. Kemudian untuk untuk evakuasi, sejauh ini belum ada masyarakat yang mengungsi.

“Mereka masih bertahan di rumah masing-masing,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...