Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Banjir, Bandara Ahmad Yani Semarang Ditutup Sementara, Delapan Penerbangan Terdampak

Sejumlah calon penumpang menunggu di ruang tunggu Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. (PT Angkasa Pura I)

MURIANEWS, Semarang – Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Kota Semarang ditutup sementara. Penutupan ini dilakukan lantaran banjir yang menggenangi sebagian landasan pacu atau runway

Pihak pengelola bandara yang sebelumnya mengumumkan penutupan hingga pukul 09.00 WIB ini akhirnya melakukan perpanjangan hingga pukul 11.00 WIB. Keputusan itu lantaran cuaca yang memburuk.

“Telah terjadi genangan air di sekitaran runway Bandara Jenderal Ahmad Yani. Saat ini sedang dilakukan langkah-langkah antisipasi dengan cara pengaktifan 54 unit pompa untuk menghindari terjadinya banjir di area bandara,” kata Stakeholder Relation Manager Bandara Ahmad Yani, Heri Trisno Wibowo, lewat pesan singkat seperti dikutip detik.com, Sabtu (6/2/2021).

“Koordinasi ketat juga dilakukan oleh unit terkait. Hal ini terjadi dikarenakan cuaca buruk dan hujan deras yang tak kunjung berhenti sejak tadi malam,” imbuhnya

Ia menjelaskan penutupan sementara ini juga untuk melakukan pembersihan runaway. Pihaknya pun mengeluarkan NOTAM Nomor: B0177/21 NOTAMN perihal RWY 13/31 yang menjelaskan Bandara Jenderal Ahmad Yani tidak beroperasi sementara sampai dengan pukul 09.00 WIB.

Namun, NOTAM tersebut akhirnya diperpanjang karena cuaca yang belum membaik.

“Menindaklanjuti NOTAM Nomor:B0179/21 NOTAMR B0177/21 perihal RWY 13/31 tutup, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani tidak beroperasi sementara diperpanjang sampai dengan pukul 11.00 WIB dan hujan berhenti serta cuaca dalam keadaan baik,” terangnya.

Heri menambahkan saat ini petugas masih membersihkan area bandara termasuk terminal hingga saat ini. Tercatat ada delapan penerbangan yang terdampak akibat penutupan Bandara Ahmad Yani Semarang.

Berikut ini daftar penerbangan terdampak:
1. Garuda Indonesia GA 232 Jakarta-Semarang (Dialihkan ke Surabaya)
2. Batik Air ID 6362 Jakarta-Semarang (Delay)
3. Batik Air ID 6350 Jakarta-Semarang (Delay)
4. Nam Air IN 195 JPangkalan Bun-Semarang (Delay)
5. Wings Air IW 1806 Semarang-Pangkalan Bun (Delay)
6. Garuda Indonesia GA 235 Semarang-Jakarta (Delay)
7. Batik Air ID 7369 Semarang-Jakarta (Delay)
8. Nam Air IN 196 Semarang-Pangkalan Bun (Delay)

“Meski masih turun hujan, situasi di bandara sampai dengan saat ini masih kondusif,” kata Heri.

 

Penulis: Supriyadi
Editor: Supriyadi
Sumber: Detik.com

Comments
Loading...