Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

TPI Juwana Pati Tutup Selama Jateng di Rumah Saja

Aktivitas bongkar ikan di TPI Juwana (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Tempat Pelelangan Ikan (TPI) I dan II di Kecamatan Juwana akan ditutup selama pemberlakuan gerakan Jateng dua hari di rumah saja. Sementara TPI kecil yang berada di Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti tetap beroperasi.

Kabid Pembinaan dan Pengelolaan TPI ( P2TPI) pada Dislautkan Pati Dwi Endang Subekti mengatakan, penutupan hanya dilakukan selama dua hari, yakni pada 6-7 Februari. Kemudian pada 8 Februari, TPI kembali beroperasi seperti biasa.

“Terkait penutupan ini, kami sudah sosialisasikan kepada para bakul maupun pengunjung TPI. Kami juga akan pasang baliho besar sebagai informasi penutupan dua hari kepada para pengunjung,” katanya, Jumat (5/2/2021).

Kemudian apabila ada kapal yang hendak bongkar di TPI pada saat penutupan itu, maka harus ditunda hingga Senin. Apabila ada aktivitas bongkar ikan pada saat penutupan itu, maka tidak akan dilayani.

“Nanti petugas keamanan juga melakukan penjagaan di TPI untuk memastikan tidak adanya aktivitas bongkar ikan,” tegasnya.

Terkait penutupan ini, pihaknya mengaku cukup resah. Apalagi pada dua hari tersebut diprediksi kapal yang bongkar akan lebih banyak dibandingkan hari biasanya.

“Kami kemarin, ada delapan kapal yang akan bongkar. Kalau Sabtu-Minggu, kemungkinan juga akan banyak,” terangnya.

Hal itu, lanjutkan, dipastikan akan mempengaruhi pendapatan retribusi TPI. Apalagi tahun ini pihaknya ditarget untuk memenuhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 11 miliar.

“Seharusnya ini kesempatan untuk mendapatkan retribusi banyak. Tapai kalau diliburkan, tentu pendapatan berkurang. Belum lagi kapal yang akan bongkar tertunda, tentu akan menambah akomodasi, terutama untuk pendinginan ikan,” ungkapnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...