Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Sehari Jelang Jateng di Rumah Saja, Pasar Jepara 2 Diserbu Pembeli

Para pembeli di Pasar Jepara 2 diserbu membeli jelang Jateng di Rumah Saja. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Sehari menjelang pelaksanaan program Jateng di Rumah Saja yang digagas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuat Pasar Jepara 2 diserbu pembeli. Masyarakat Jepara beramai-ramai membeli bahan kebutuhan pokok untuk memenuhi kebutuhan selama dua hari ke depan.

Kepala Pasar Jepara 2, Budi Prianto mengakui memang terjadi lonjakan jumlah pengunjung pasar, pada Jumat (5/2/2021). Meski demikian tidak ada masalah apapun, terkait hal ini. Hanya, pihaknya tidak berani menyatakan apakah hal ini merupakan bentuk fenomena panic buying atau tidak.

“Iya memang ada lonjakan jumlah pengunjung pasar pada hari ini. Kami tidak bisa memastikan secara pasti apakah ini ada kaitannya dengan rencana penerapan program pak gubernur besok ini. Tapi yang pasti pasar buka seperti biasa saja, pedagang juga sama seperti biasanya. Hanya pengunjungnya yang kami lihat memang lebih banyak,” ujar Budi Prianto, Jumat (5/2/2021).

Padahal, selama penerapan program Jateng di Rumah Saja, Sabtu (6/2/2021) – Minggu (7/2/2021) Pasar Jepara 2 sudah diminta melakukan sesuai dengan yang dihimbau gubernur. Para pegawai pasar tetap akan masuk seperti biasanya, dan pasar juga akan dibuka untuk pedagang-pedagang kebutuhan pokok saja.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Jepara, Abdul Syukur menyatakan Pemkab Jepara pada prinsipnya mengikuti imbauan dan instruksi Gubernur Jawa Tengah. Pada Jumat (5/2/2021) juga sudah dilakukan rapat koordinasi terkait pelaksanaan program Jateng di Rumah Saja.

Satpol PP Jepara dan pihak-pihak terkait, dalam hal ini tetap akan mengawal dengan tegas pelaksanaan program Gubernur Jawa Tengah ini. Beberapa kegiatan operasi Yustisi Protokol Kesehatan sudah disiapkan. Nantinya tetap ada pengawasan dan langkah penertiban di seluruh wilayah Kabupaten Jepara.

“Kami tentu tetap akan mendukung dan mengamankan program pak gubernur ini. Semua sudah disiapkan dan mudah-mudahan semua berjalan lancar. Protokol kesehatan tetap akan menjadi titik fokus kami nanti,” ujar Abdul Syukur.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...