Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Jateng Dua Hari di Rumah Saja, Bupati Pati: Pasar Tetap Buka

Bupati Pati Haryanto saat menggelar rapat koordinasi bersama Forkopimda (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Bupati Pati Haryanto bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menggelar rapat koordinasi persiapan gerakan Jateng dua hari di rumah saja, Kamis (4/2/2021).

Dalam acara yang dihelat secara virtual di pendapa kabupaten setempat itu, Haryanto menyampaikan bahwa pasar akan tetap buka selama dia hari tersebut. Hal itu berdasarkan pertimbangan perekonomian masyarakat apabila pasar ditutup.

“Seperti halnya pada pasar sebagai tempat terlaksananya gerakan perekonomian masyarakat. Jadi kalau pasar ini benar – benar tutup selama dua hari jelas tidak bisa dan beresiko,” katanya.

Menurutnya, kebijakan yang dikeluarkan oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah tersebut diakui menimbulkan dilema. Sebab, apabila pejabat di daerah tidak melaksanakan kebijakan itu, nanti bisa dikatakan tidak menaati aturan pemerintah provinsi maupun pusat.

“Namun kalau dilaksanakan, risikonya memang bersentuhan langsung dengan masyarakat, pelaku usaha, pedagang dan lain-lain,” terangnya.

Karena itu, pihaknya berusaha mengambil jalan tengah agar kebijakan itu tetap berjalan, tetapi perekonomian masyarakat juga tidak macet.

“Pasar tetap buka, tetapi kami berikan batasan operasional. Pasar diperbolehkan buka sampai dengan pukul 14.00 siang. Sementara Sabtu sore sampai dengan Minggu sore tanggal 6 – 7 Februari pasar pagi dan pasar sore tutup. Dan Minggu sore kembali buka,” tegasnya.

Selama pasar ditutup, petugas akan melakukan penyemprotan disinfektan, yaitu pada Sabtu sore dan Minggu pagi.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...