Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Pasar Jember dan Piji Kudus Ditambah 50 CCTV Tahun Ini

Warga Berlalu-lalang di Pasar Jember Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Dua dari 27 pasar yang ada di Kudus rencananya ditambah 50 Closed Circuit Television (CCTV) tahun ini. Pelaksanaan pemasangan dimulai Maret 2021 dengan alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 180 juta.

Sebanyak 50 CCTV itu nantinya dipasang di dua pasar. Terdiri dari Pasar Jember dan Pasar Piji. Untuk pembagian jumlahnya di tiap-tiap pasar itu masih dikaji kebutuhannya.

Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kudus Albertus Harys Yunanto mengatakan, pemilihan pemasangan CCTV di dua pasar itu karena faktor kebutuhan. Terlebih di dua pasar itu belum dipasang CCTV.

“Dua pasar itu belum ada CCTV-nya. Selain itu keduanya termasuk pasar besar. Pertimbangan kami itu,” katanya,  Kamis (4/2/2021).

Harys menyebut, tujuan pemasangan CCTV demi keamanan. Selain itu, untuk mengecek kondisi pasar dan kebersihan pasar. Sehingga pihaknya lebih mudah memantau.

Menurutnya, kebutuhan CCTV di beberapa pasar di Kudus dirasa masih perlu. Kebutuhannya bergantung pada besar kecilnya suatu pasar.

Saat ini baru tiga pasar yang sudah dipasang CCTV. Rinciannya Pasar Kliwon 32 CCTV, Pasar Baru 32 CCTV dan Pasar Bitingan 32 CCTV.

“Sebenarnya masih butuh banyak. Untuk Pasar Kliwon itu idealnya lebih dari 100 CCTV. Terus untuk Pasar Baru paling tidak 60 CCTV. Untuk Pasar Bitingan sama seperti Kliwon paling nggak 100 CCTV,” terangnya.

Untuk pasar lainnya menurut Harys belum ada rencana pemasangan. Sebab, hal ini berkaitan dengan anggaran yang tersedia. “Tahun ini sementata dua pasar itu dulu. Kalau nanti ada anggaran lagi ya kita beri CCTV juga,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...