Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Kurangi Potensi Banjir di Kudus, DPR RI Segera Usulkan Pembangunan Embung

Anggota Komisi VIII DPR RI Abdul Wachid menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Desa Pasuruhan. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Abdul Wachid segera mengusulkan pembangunan embung di Kabupaten Kudus kepada kementerian terkait.

Pembangunan embung sendiri, dirasa Wachid bisa mereduksi banjir yang kerap menerpa Kudus jika musim hujan.

“Terutama di daerah lembah atau dataran rendah yang berpotensi banjir saat turun hujan,” ujar dia saat mengunjungi korban banjir di Desa Pasuruhan Lor, Kecamatan Jati, Kudus, Rabu (3/2/2021).

Adanya embung sendiri, sambunganya, juga bisa turut menggerakkan roda perekonomian dari sisi pengembangan pariwisatanya dan budi daya perikanan air tawar.

Manfaatnya lainnya, kata dia, tidak hanya dirasakan saat musim hujan saja. Akan tetapi, ketika musim kemarau juga bisa dijadikan stok untuk pengairan lahan pertanian di daerah setempat

“Pemerintah kan sudah punya program seribu embung, kami akan mencoba untuk mengusulkan kembali untuk upaya pencegahan bencana alam dari bidang tugas Komisi VIII DPR RI yang bermitra dengan BNPB,” kata dia.

Usulan tersebut akan disampaikan kepada Kementerian PU dan Kementerian Pertanian dengan harapan tahun 2022 bisa direalisasikan.

Walau demikian, program normalisasi sungai juga harus tetap jalan. Terutama pada aliran sungai yang telah mengalami sedimentasi parah. Sehingga daya tampung airnya bisa maksimal dan bisa mengurangi potensi banjir.

“Terutama untuk mengatasi banjir yang terjadi di Desa Setrokalangan dan Blimbing Kidul (Kecamatan Kaliwungu) serta Desa Dorang (Kecamatan Nalumsari), selain normalisasi sungai juga dibuatkan sudetan ke arah Barat menuju Kabupaten Jepara,” rincinya.

Pelaksana Tugas Bupati Kudus HM Hartopo sebenarnya juga turut mengusulkan pembangunan embung di Desa Setrokalangan (Kecamatan Kaliwungu) dan Desa Kesambi atau Temulus (Kecamatan Mejobo).

Karena selama ini, tiga desa tersebut kerap menjadi langganan banjir setiap kali memasuki musim hujan.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...