Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Harga Rokok Naik, Tingwe Jadi Pilihan Perokok di Pati

Eko Kunarso menimbang Tembakau Kasturi dari daerah Lombok (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Menteri Keuangan Sri Mulyani Resmi menaikkan Cukai Hasil Tembakau (CHT) atau cukai rokok sebesar 12,5 persen per Februari ini. Kenaikan itu diikuti dengan naiknya harga rokok pabrikan.

Imbasnya, para perokok pun mulai beralih ke rokok murah atau linting dewe (tingwe). Bahkan perokok aktif yang mulai tingwe di Bumi Mina Tani meningkat derastis.

Hal itu diakui oleh penjual tembakau Desa Kajar, Kecamatan Trangkil Eko Kunarso. Dia mengaku, penjualan tembakau miliknya meningkat 80 persen sejak isu kenaikan cukai tersebut disuarakan.

“Cukup meningkat tajam kurang lebih 70-80 persen meningkatnya. Karena adanya kesadaran masyarakat bahwa tembakau lebih murah,” ujarnya, Selasa (2/2/2021).

Dia juga memprediksi, kemungkinan peminat tingwe akan semakin meningkat. Apalagi, Februari ini baru permulaan kenaikan harga rokok. Bahkan diakui tingwe saat ini tengah tren di kalangan perokok.

Lebih lanjut, ada sebanyak 30-an jenis tembakau yang dijual di tokonya, baik secara grosir maupun ecer. Mulai dari tembakau original, iris, hingga flavour. Harganya sendiri bervariasi mulai dari Rp 150 ribu hingga jutaan rupiah per kilogram.

“Kita jualnya tembakau-tembakau berkualitas terbaik dari petani seluruh Indonesia. Niat kita selain berjualan, juga membantu petani tembakau secara langsung. Kesamarataan lah, sehingga gak didominasi cukong besar. Biasanya harga tembakau naik, tapi dari petani dibeli murah oleh mereka,” bebernya.

Peminat tembakau saat ini didominasi oleh kalangan anak muda atau dewasa awal. Meski tidak sedikit pelanggannya dari rentang dewasa awal, madya, akhir, hingga senja.

“Pelanggan anak muda kebanyakan, atau milenial. Mereka cenderung menggandrungi tembakau yang soft seperti Lombok dan flavour,” terangnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...