Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kantor Pos Kudus Launching Meterai Rp 10.000, Ini Dokumen yang Wajib Pakai Meterai

Pegawai Kantor Pos Kudus menunjukkan meterai Rp 10 Ribu. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

MURIANEWS, Kudus – Kantor Pos Kudus me-launching meterai Rp 10.000 bersama Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus, Senin (1/2/2021). Launching dilakukan secara online melalui akun Instagram @Kantorposkudus59300.

Dalam launching diisi talkshow untuk sosialisasi menggunakan meterai Rp 10 ribu. Hadir narasumber pada forum daring itu Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Kudus Bekti Widjajanti.

Mengacu pada Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai, sedianya sudah mulai berlaku sejak 1 Januari 2021. Namun, menurut Bekti untuk daerah Kudus secara resmi baru launching hari ini.

“Untuk informasi terkait meterai Rp 10.000 sudah sejak awal tahun ini. Tapi memang untuk officially launching di Kudus hari ini,” katanya, Senin (1/02/2021).

Bekti menyebut, ada beberapa dokumen berharga yang wajib dibubuhi meterai Rp 10.000. Mulai dari dokumen bersifat perdata, surat pernyataan, akta Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), surat berharga, hingga dokumen yang digunakan sebagai alat bukti di pengadilan.

“Untuk penempelannya per dokumen ya. Bukan per lembar harus diberi meterai semua,” sambungnya.

Lebih lanjut, Bekti menyampaikan untuk saat ini sampai 31 Desember 2021 masyarakat masih bisa menggunakan meterai lama. Penggunaannya minimal nominal Rp 9 ribu.

“Bisa pakai tiga ribu dan enam ribu atau pakai enam ribu dan enam ribu. Bisa juga dengan tiga ribu sebanyak tiga lembar,” terang dia.

Lebih lanjut, menurutnya meterai lama masih dapat dipergunakan hingga tahun ini. Sehingga dia menyarankan agar stok meterai lama dihabiskan saja terlebih dahulu.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...