Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Hujan Deras, Rumah Warga Petekeyan Jepara Ambrol

Sejumlah warga melihat rumah yang ambrol setelah hujan deras menerjang Jepara. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Hujan deras yang berlangsung sejak Sabtu (30/1/2021) malam hingga Minggu (31/1/2021) menimbulkan kejadian tanah longsor di Desa Petekeyan, Tahunan, Jepara. Sebuah rumah warga yang berada di pinggir Sungai Petekeyan diketahui ambrol, akibat senderan atau talut sungai ambrol.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara, Arwin Noor Isdiyanto menyatakan, kejadian ini berlangsung pada Minggu (31/1/2021) dini hari. Debit air yang meningkat sejak Sabtu malam membuat senderan yang terkikis akhirnya ambrol. Kejadian ini menyebabkan rumah Warsono, warga RT 8 RW 2 Desa Petekeyan, ambrol.

Kikisan air dari Sungai Petekeyan membuat senderan sepanjang 15 meter dengan ketinggian sekitar empat meter ambrol. Senderan yang ambrol tersebut tepat disisi rumah milik Warsono. Dalam kejadian ini bagian dapur dan kamar mandi rumah Warsono amblas. Beruntung dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa.

“Hujan yang terjadi sejak malam hingga siang hari ini memang harus diwaspadai oleh masyarakat. Bahaya banjir dan longsor berpotensi terjadi terutama di wilayah aliran sungai atau perbukitan. Untuk kejadian di Petekeyan kami sudah melakukan upaya penanganannya,” ujar Arwin Noor Isdiyanto, Minggu (31/1/2021) siang.

Dari informasi yang dikumpulkan tim BPBD Jepara, kerugian dalam kejadian ini ditaksir mencapai Rp 35 Juta. Bagian dapur dan kamar mandi rumah Warsono amblas, karena tanahnya tergerus air banjir. Upaya penanganan sudah dilakukan BPBD Jepara bersama sejumlah warga. Sementara bagian yang ambrol akan ditutup dengan kantong tanah dan bronjong.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...