Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Debit Bendung Wilalung Capai 833 Meter Kubik Per Detik, Pintu Air Arah Juwana Dibuka 30 Cm

Bendung Wilalung di Kudus. (MURIANEWS/Istimewa)

MURIANEWS, Kudus – Debit air di Bendung Wilalung Kabupaten Kudus kini berada di angka 833 kubik per detik. Jumlah tersebut bisa kembali bertambah apabila kembali mendapat gelontoran air dari Bendung Klambu.

Koordinator Penjaga Pintu Bendung Wilalung Heri Bangkit Setyadi mengatakan, debit di Bendung Wilalung sebenarnya telah berkurang Sabtu (30/1/2021) pagi ini. Dari ketinggian sebelumnya yang tembus 852 meter per kubik.

Pihaknya kini telah membuka pintu delapan ke arah Juwana. Dengan ketinggian sekitar 30 sentimeter. Dengan debit berkisar 50 meter kubik per detik.

“Untuk saat ini kami buka dengan ketinggian 30 sentimeter,” ucap dia via telepon, Sabtu (30/1/2021).

Namun, apabila Bendung Klambu kembali mengirimkan airnya, maka sangat dimungkinkan pihaknya akan menaikkan kembali pintu nomor delapan. “Nanti dibuka lagi jika memang air tambah lagi, lima sentimeter lagi,” ujar dia.

Sementara arus dari Bendung Wilalung sendiri, sambungnya, akan menuju Sungai Wulan. Sehingga sangat dimungkinkan, debit dari Sungai Wulan akan bertambah.

“Saat ini di pintu arah Wulan terjadi sedikit tumpukan sampah, namun jika nanti debit air turun di angka 400 sampai 500 meter kubik, sampah ranting akan terbawa arus ke sana,” kata dia.

Hingga kini, pihaknya masih memantau perkembangan debit air di Bendung Wilalung dan bersiap apabila kembali menerima kiriman air dari Bendungan Klambu.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...