Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Targetnya Hari Ini, Vaksinasi Covid untuk Nakes di Kudus Belum Rampung

Tim vaksinasi RSUD Loekmono Hadi Kudus tengah menunjukkan vaksin Sinovac. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Proses vaksinasi sebanyak 5.618 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Kudus yang ditargetkan rampung, Kamis (28/1/2021) ini belum terpenuhi. Pasalnya, banyak nakes yang kondisi kesehatannya belum memenuhi kriteria penerima vaksin.

“Jadi memang karena kesehatannya kurang fit, harus ditunda terlebih dahulu,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus dr Andini Aridewi, Kamis petang.

Berdasar data yang telah diterima pihaknya, Andini mengatakan sudah ada sekitar 71,1 persen tenaga kesehatan yang telah divaksin. “Sementara sisanya menunggu kondisinya membaik,” ujarnya.

Pihaknya pun memastikan akan terus mengebut proses vaksinasi pada para nakes di Kabupaten Kudus. Andini mengatakan, apabila semua nakes yang belum divaksin kondisi kesehatannya sudah memenuhi kriteria penerima vaksin, maka pekan ini dipastikan rampung.

“Akan kami evaluasi untuk keseluruhannya. Tentu harus tetap jalan dan tak mungkin kami tunda-tunda,” jelas Andini.

Seperti diketahui, Kabupaten Kudus mendapat alokasi vaksin Sinovac sebanyak 11.280 dosis. Jumlah tersebut, akan disuntikkan kepada 5.618 tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Kudus.

Pelaksanaan vaksinasi alokasi pertama sendiri akan dilakukan di 29 fasilitas kesehatan. Rinciannya, ada di 19 puskesmas, dua klinik, dan delapan rumah sakit.

Baca: Vaksinasi Covid untuk Nakes di Jateng Ditarget Rampung Hari Ini

Plt Bupati Kudus HM Hartopo menjadi orang pertama yang disuntikkan vaksin Covid-19 Sinovac di Kabupaten Kudus. Penyuntikannya sendiri, dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Loekmono Hadi Kudus, Senin (25/1/2021).

Usai Hartopo, unsur pimpinan daerah lainnya seperti Kapolres dan Dandim Kudus juga turut disuntik vaksin. Ketua Forum pemuka agama Kudus, juga tak ketinggalan.

Mereka disuntik oleh dokter spesialis anastesi yang juga sebagai Ketua Komite Medis RSUD Loekmono Hadi dr Noor Hadi.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...