Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Longsor Terjang Desa Tempur Jepara, Bukit Setinggi 20 Meter Runtuh

Petugas mengerahkan alat berat untuk membersihkan material longsor yang terjadi di Desa Tempur, Jepara. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Bencana tanah longsor kembali terjadi di Desa Tempur, Keling, Jepara, Rabu (27/1/2021) malam. Kejadian ini terjadi menyusul hujan deras yang mengguyur kawasan Desa Tempur.

Hingga, Kamis (28/1/2021) siang, upaya penanganan masih terus dilakukan. Sebelumnya akses jalan antaradukuh Petung-Dukuk Pekoso, Desa Tempur, tertutup akibat material longsoran.

Petinggi Desa Tempur, Maryono menyatakan, titik longsoran terjadi di wilayah Dukuh Petung masuk wilayah RT 4 RW 2 Desa Tempur. Bukit setinggi kurang lebih 20 meter mengalami longsoran selebar kurang lebih 15 meter.

Kejadian ini dipicu oleh hujan deras yang terjadi sepanjang hari Rabu (27/1/2021). Longsoran membuat akses jalan tertutup total.

Upaya penanganan sudah dibahas oleh warga masyarakat Desa Tempur. Warga sepakat melakukan gotong royong untuk membuka akses jalan kembali. Kamis (28/1/2021) siang selepas Dzuhur, gotong royong baru bisa dimulai.

Hal ini dikarenakan, warga harus mencari bantuan pengerahan alat berat.  Mengingat longsoran yang sangat besar, tidak mungkin dilakukan pembersihan dengan cara manual.

“Kami harus menggunakan alat berat untuk membersihkan material yang menutup jalan. Kami harus mencari bantuan alat berat, dan baru hari ini mendapatkannya. Masyarakat dibantu relawan Destana (Desa Tangguh Bencana) mulai bergotong royong siang ini,” ujar Maryono, Kamis (28/1/2021).

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui salah satu petugasnya, M Zainudin menyatakan, kejadian ini sudah dilaporkan ke Bupati Jepara. Selanjutnya, BPBD Jepara juga sudah melakukan koordinasi terkait penanganan material longsoran.

Dari koordinasi yang sudah dilaksanakan, warga dibantu Relawan Destana, sudah akan melaksanakan gotong royong pada Kamis (28/1/2021). Gotong royong ini juga melibatkan alat berat.

Sebelumnya, di Desa Tempur juga telah terjadi kejadian tanah longsor, sekitar sepekan lalu. Saat itu, longsoran terjadi di wilayah RT05 RW02 Desa Tempur, Keling, Jepara. Tebing setinggo 20 meter dengan lebar 2 meter longsor, menimpa bagian rumah Samadi, salah seorang warga.

“Hujan deras yang terjadi akhir-akhir ini memang memerlukan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana. Desa Tempur sendiri selama ini memang dikenal sebagai wilayah rawan bencana longsor,” ujar M Zainudin.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...