Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tongkat Komando Kapolri Listyo Sigit Ternyata Karya Warga Pati, Ujung dan Kepalanya Berlapis Emas

Supar saat berbincang dengan wartawan (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Tongkat komando yang diserahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Listyo Sigit Prabowo dalam acara pelantikan dan sumpah jabatan pada Rabu (27/1/2021) kemarin, ternyata merupakan buah karya warga Bumi Mina Tani.

Tongkat tersebut merupakan karya Supar warga Desa Growong Kidul, Kecamatan Juwana. Dia adalah pemilik PT. Sampurna Kuningan Juwana yang karyanya sudah diakui oleh Internasional.

Kepada wartawan, Supar bercerita bahwa dirinya sempat berpikir untuk membuat tongkat komando yang secara khusus didedikasikan untuk Listyo Sigit Prabowo. Mengingat pada 2009 lalu, Listyo sempat menjabat sebagai Kapolres Pati dan pernah berinteraksi dengan Supar.

“Sebulan sebelum Pak Sigit dicalonkan menjadi Kapolri oleh Pak Jokowi, kabar itu kan sudah mulai ramai. Pada saat itu, saya berkeinginan untuk membuat tongkat komando khusus pak Listyo. Feeling saya, Pak Listyo ini akan menjadi Kapolri,” ceritanya.

Sembari menyeruput kopi, Supar menambahkan, setelah mendengar kabar tersebut, dia pun bergegas untuk membuat tongkat komando. Agar terlihat elegan, dia memilih menggunakan kayu sonokeling.

“Untuk ujung dan kepala tongkat, khusus saya buat menggunakan kuningan yang disepuh dengan emas. Kemudian tempat atau kotak tongkat komando saya pesan dari Jepara,” katanya.

Khusus untuk kotak tongkat, dia juga sudah menuliskan nama pangkat Listyo Sigit, yakni Jendral Polisi. Padahal, sebelum pelantikan sebagai Kapolri, pangkatnya masih sebagai Komjen Pol. Namun, Supar mempunyai feeling bahwa yang akan menggantikan Idham Aziz adalah Listyo Sigit Prabowo.

Ketika proses pembuatan tongkat komando sudah rampung, pihaknya pun menitipkan tongkat tersebut kepada temannya yang sudah biasa ke Jakarta. Kebetulan juga, teman Supar ini kenal dengan Listyo Sigit.

Sesampainya di Jakarta, tongkat itu tidak langsung diterima oleh Listyo sigit, tetapi diterima oleh ajudannya. Sehingga, pihaknya pun cukup waswas dan khawatir apabila tongkat itu tidak sampai kepada orang yang didedikasikan.

“Sebenarnya ada banyak yang ngirim tongkat komando untuk Pak Listyo Sigit. Tapi saya dapat informasi, yang dikirim ke Istana Negara ternyata tongkat buatan saya itu. Namun, saya juga belum yakin sepenuhnya,” imbuh Supar.

Untuk memastikan itu, pada saat pelantikan Listyo Sigit Prabowo di Istana Negara, dia pun melihat salah satu stasiun televisi nasional yang menyiarkan secara langsung prosesi tersebut. Pada Presiden Joko Widodo menyerahkan tongkat komando, saat itulah Supar yakin bahwa ada adalah tongkat hasil karyanya.

“Sempat deg degan, ternyata yang diserahkan Pak Jokowi itu tongkat saya. Saya paham betul tongkat buatan saya itu, karena ujung dan kepala tingkat berlapis emas,” jelasnya bangga.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...