Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jepara Berencana Tambah Sembilan Ruang ICU Covid-19

Ilustrasi: Petugas medis membawa pasien corona dalam simulasi di RSUD Kudus. (MURIANEWS)

MURIANEWS, Jepara – Peningkatan penularan Covid-19 di berbagai wilayah di Jawa Tengah, akhirnya membuat Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, meminta semua daerah menyiapkan fasilitas pendukung kesehatan.

Ganjar Pranowo meminta agar setiap Kabupaten/kota di Jawa Tengah bisa menyediakan paling sedikit 15 ruangan ICU (Intensive Care Unit). Instruksi ini diminta segera dilaksanakan di masing-masing kabupaten/kota, termasuk Kabupaten Jepara.

 

Kepala DKK (Dinas Kesehatan Kabupaten) Jepara, Mundrikatun, menyatakan pihaknya dalam hal ini sudah mulai menyiapkan kebutuhan tersebut. Sampai saat ini Jepara hanya memiliki enam ruang ICU, sehingga membutuhkan tambahan sembilan ruang ICU yang baru.

Sebagai bagian dari langkah penyiapan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan enam rumah sakit yang ada di Jepara untuk menambah ruangan tersebut.

Rencana yang sudah dilakukan terkait penambahan ruang ICU tersebut akan melibatkan dua rumah sakit besar di Jepara. Masing-masing adalah RSUD Kartini Jepara dan RSUD Rehatta Kelet di Keling.

Dari dua rumah sakit tersebut, sudah bisa dipastikan akan bisa terealisasi kebutuhan sembilan ruang ICU untuk memenuhi instruksi Gubernur Jawa Tengah.

“Nanti aka nada penambahan lima ruangan ICU di RSUD RA Kartini dan empat ruang ICU di RSUD Rehatta Kelet. Realisasi dari rencana ini akan dilakukan secepatnya. Sehingga sebelum Febuari, kebutuhan 15 ruang ICU untuk Covid-19 sudah tersedia,” ujar Mundrikatun, Rabu (27/1/2021).

Dijelaskan oleh Mundrikatun, dari enam rumah sakit yang ada di Jepara, hanya tiga yang sudah memiliki ruang ICU. Rumah sakit tersebut adalan RSUD RA Kartini, RS PKU Muhammadiyah, dan RS PKU Aisyiyah.

RSUD Rehatta belum punya, dan saat ini sedang menyiapkan empat Ruang ICU, sebagai bagian dari pelayanan yang akan diberikan.

Di luar penambahan Ruang ICU Covid-19, Pemerintah Kabupaten Jepara juga tengah mengkoordinasikan dilakukannya penambahan ruang isolasi pasien Covid-19 yang ada di masing-masing rumah sakit.

Secara keseluruhan saat ini di Jepara baru ada 126 ruang isolasi pasien Covid-19. Semuanya tersebar di enam rumah sakit yang ada di Jepara.

“Kami rencanakan ada tambahan tujuh ruang isolasi perawatan pasien Covid-19 di Jepara. Sehingga nantinya semuanya akan ada 133 ruang isolasi pasien Covid-19. Rencana ini juga merupakan bagian dari pelaksanaan instruksi Gubernur Jawa Tengah, terkait penanganan Covid-19 di Jawa Tengah,” pungkasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...