Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Aksi Gerombolan Pemuda Sebar Sampah di Demangan Kudus Banjir Kecaman

Tangkapan layar rekaman CCTV aksi pemuda yang mengotori lingkungan. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Aksi meresahkan segerombolan pemuda di Dukuh Jumutan, Desa Demangan, Kecamatan Kota, Kudus viral di media sosial. Aksi yang diduga terjadi pada Sabtu (23/1/2021) malam itu terekam CCTV dan tersebar di medsos.

Bahkan di salah satu akun isntagram @undercover.id video tersebut telah lebih dari 50 ribu kali tayang. Tak sedikit dari mereka yang mengecam.

Aksi tersebut pun banyak menuai komentar dari warganet. Seperti komentar akun Instagram @rheeyours yang menyebut pemuda tersebut akan minta maaf dan orang tuanya yang menanggung malu.

“Sebentar lagi ada yang tunduk – tunduk sambil minta maaf, ortunya deh yang nanggung malu,” tulis @rheeyours dalam komentar.

Ada juga yang berkomentar meminta agar dihukum dengan membersihkan lingkungan selama satu bulan. “Kasih hukuman sosial saja. Bersih-bersih selama satu bulan misalnya,” tulis komentar akun @kremi_manis.

Dalam rekaman CCTV yang beredar nampak sejumlah pemuda itu mengendarai sepeda motor. Pemuda yang belum diketahui identitasnya itu mengotori permukiman dengan cara mengambil tempat sampah dan menyebarnya.

Kepala Desa Demangan, Alex Fahmi membenarkan aksi sebelas pemuda bermotor yang meresahkan warga tersebut. Pihaknya sangat menyayangkan aksi pemuda yang sangat tidak terpuji dengan mengobrak abrik tempat sampah dan menyebarnya ke jalanan.

“Itu memang sangat mengganggu kenyamanan dan ketertiban lingkungan. Kalau dilihat dari ciri-cirinya bukan pemuda sini,” katanya, Rabu (27/1/2021).

Menurutnya, para pemuda tersebut mengendarai lima kendaraan roda dua. Dan satu kendaraan di antaranya berboncengan tiga.

“Mereka sebelas orang, ada yang berboncengan tiga. Kalau dilihat dari CCTV itu sepertinya ada motor Honda CB150r, Jupiter, Beat, Scoopy dan Honda Grand,” ujarnya.

Tindak lanjut atas kejadian tersebut, pihak pemdes, Babinsa dan Babinkantibmas akan melakukan pemantauan dengan berbekal rekaman CCTV tersebut. Dan akan memberikan pembinaan agar perbuatan tersebut tak diulangi lagi.

Selain itu, pihaknya juga akan menggalakkan kembali Siskampling di wilayah RT-RT setempat.

“Baik dari Linmas, juga warga setempat khususnya tiap malam Minggu akan digalakkan kembali penjagaan seperti siskampling,” pungkasnya.

Terpisah, Ketua Karang Taruna Nitisumito (Desa Demangan) M Syaiful Rohni juga sangat menyayangkan adanya kejadian tersebut. Pihaknya memastikan bahwa para pelaku bukan pemuda dari Desa Demangan.

“Sebenarnya waktu kejadian itu di sebelah gangnya (lokasi berceceran sampah) itu ada pemuda yang kumpul (berjaga). Tapi pelaku tidak lewat gang situ, kalau lewat malah bisa ketangkap,” ucapnya.

Pihaknya akan lebih waspada untuk mengantisipasi adanya hal serupa.

“Seperti penjagaan bergantian saat malam minggu. Intinya kami juga akan lebih waspada, semoga tidak terulang lagi. Karena itu sangat tidak terpuji,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...