Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Penyelundupan Sabu Digagalkan Petugas, Lapas Pati Langsung Diperketat

Warga binaan saat dikunjungi keluarga (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Setelah adanya penggagalan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pati, penjagaan pun diperketat. Bahkan paket barang titipan untuk warga binaan harus melalui penggeledahan terlebih dahulu.

Kepala Lapas Pati Febie Dwi Hartanto mengatakan, setidaknya dalam sebulan ada delapan kali penggeledahan. Kemudian tidak semua paket barang bisa masuk dalam lapas.

“Mau tidak mau, semua harus diperketat. Karena kemarin sempat ada yang menyelundupkan narkoba ke dalam sabun mandi batang,” ungkapnya.

Untuk awal bulan ini, dalam penggeledahan itu ada beberapa handphone milik warga binaan yang berhasil diamankan. Selain itu ada juga kabel dan cendok stenlis.

“Handphone ini kan sudah jelas tidak boleh. Tapi warga binaan memang pintar menyelundupkan HP ini. Kalau cendok stenlis ini kan memang tidak boleh, karena bisa digunakan untuk senjata tajam,” katanya.

Kemudian yang justru dilakukan pemeriksaan ketat adalah paket barang yang masuk ke lapas. Menurutnya, memang yang paling riskan adalah paket barang. Karena didalamnya bisa saja diisi dengan barang-barang haram seperti itu.

“Kalau paketnya berupa sabun batangan, tetap kami belah dulu untuk memastikan keamananya,” imbuh Febie.

Selain itu, untuk sel khusus teroris juga terus diperketat. Sebab, apabila sampai mereka berkumpul dengan warga binaan lain, dihawatirkan napi teroris dapat menyebarkan pengaruhnya.

“Setelah kami cek, semuanya aman. Napi teroris kami perketat, termasuk selnya juga,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...