Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

280 Nakes RSUD Kayen Pati Divaksin

Salah satu nakes RSUD Kayen Pati disuntik vaksin (MURIANEWS/Cholis Anwar)

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 280 tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Kayen, hari ini dilakukan vaksinasi. Hal itu agar mereka mempersiapkan diri sebelum nantinya melakukan vaksinasi kepada masyarakat.

Direktur RSUD Kayen Aviani Trianti Venusia mengatakan, sesuai dengan keputusan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) RSUD Kayen ditunjuk sebagai salah satu fasilitas kesehatan (faskes) yang melakukan vaksinasi. Namun, untuk saat ini diakui memang terbatas, lantaran dikhususkan untuk nakes terlebih dahulu.

“Khusus nakes dulu. Karena prioritasnya memang nakes. Nanti setelah itu kan masyarakat umum,” katanya, Rabu (27/1/2021).

Dia menambahkan, untuk vaksinasi nakes ini memang ditarget selesai pada 28 Januari. Sehingga pada saat itu semuanya harus sudah rampung. Apalagi vaksinasi ini kan cukup cepat.

“Memang ada beberapa tahap, mulai dari pendaftaran, screening, vaksinasi, dan edukasi. Yang lama paling screening, karena harus ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum divaksin,” imbuhnya.

Terkait dampak pascaimunisasi (KIPI) pihaknya juga sudah mengantisipasi hal itu. Namun, sampai saat ini, diakui belum ada kejadian yang mengarah ke KIPI.

“Sejauh ini belum ada KIPI. Tapi kami berharap tidak ada lah, semuanya baik-baik saja,” kata Aviani.

Dalam vaksinasi ini, pihaknya mengaku juga sempat terkendala administrasi berupa NIK. Namun, sesuai dengan arahan DKK, sekalipun terkendala, terap dilakukan vaksinasi terlebih dahulu. Sementara untuk kendala, nanti bisa diselesaikan setelah vaksinasi.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...