Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Banyak Perusahaan Buka Lowongan, Permintaan Kartu Kuning di Kudus Meningkat

Pelayanan pembuatan kartu kuning di Disnaker Kudus. (MURIANEWS/Yuda Auliya Rahman)

MURIANEWS, Kudus – Awal tahun 2021, Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop dan UKM) Kabupaten Kudus mencatat permintaan pembuatan kartu kuning meningkat. Hal tersebut dikarenakan sejumlah perusahaan mulai membuka lowongan pekerjaan.

Kepala Bidang Penempatan Pelatihan dan Produktivitas Tenaga Kerja pada Disnaker Perinkop dan UKM Kudus Bambang Santoso mengatakan, berbeda dengan sebelumnya di pertengahan pandemi dalam satu bulan permintaan kurang dari 100 pemohon.

“Di bulan Januari 2021 permintaanya sudah mencapai 257 orang. Padahal belum ada satpemohon,” katanya, Selasa (26/1/2021).

Peningkatan terjadi, lanjut Bambang, semenjak pekan kedua di bulan Januari. Setiap harinya permintaan pembuatan kartu kuning bisa mencapai 40 orang. Yang didominasi oleh lulusan SMP hingga SMA dengan rentan usia 18 hingga 25 tahun.

Sementara salah satu faktor yang mempengaruhi meningkatnya permintaan pembuatan kartu kuning, lantarab beberapa perusahaan di Kudus hingga Jepara sudah membuka lowongan pekerjaan.

“Malah di Jepara itu membutuhkan ribuan tenaga operator, yang lulusan SMP juga bisa masuk. Kalau di Kudus mayoritas mencari lulusan SMA,” jelasnya.

Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini, pihaknya juga membatasi jumlah pelayanan pembuatan kartu kuning secara bergiliran. Setiap sesi hanya empat orang yang diperbolehkan masuk.

“Kami undang bergiliran masuk ke ruangan bergantian per-empat orang. Karena ini juga yang melayani dua staf dan satu kepala seksi. Tentunya pelayanan di masa pandemi para pencari kerja harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...