Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Besok, BST Kemensos untuk 15 Ribu KPM di Jepara Mulai Disalurkan

Salah satu penerima BLT dari kemensos saat mencairkan bantuan di Kantor Pos Jepara. (MURIANEWS/Budi Erje)

MURIANEWS, Jepara – Alokasi tambahan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) kepada 15 ribu KPM segera disalurkan. Rencananya, penyaluran akan dimulai Rabu (27/1/2021) melalui PT Pos Indonesia, Cabang Jepara.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Fakir Miskin di Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermades), Isdiyanto Koesworo menyatakan, program ini merupakan kelanjutan dari program yang sama tahun lalu untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Tahun 2021 ini, Kabupaten Jepara mendapatkan tambahan kurang lebih 15 ribu KPM baru, di luar 9 ribu KPM yang sebelumnya sudah terdata pada 2020 lalu.

Dikatakan oleh Isdiyanto Koesworo, penyaluran untuk tambahan KPM baru di Jepara sudah akan mulai disalurkan PT Pos Indonesia Cabang Jepara selama tiga hari ke depan, mulai Rabu (27/1/2021) hingga Jumat (29/1/2021). Saat ini, semua persiapan juga sudah dilaksanakan.

“Kami dan pihak Pos Jepara sudah melakukan koordinasi dan komunikasi terkait hal ini. Pihak Pos Jepara menyatakan sudah siap menyalurkan program BST ini. Sesuai pemberitahuan yang kami terima, penyaluran akan dilaksanakan pada 27 sampai 29 Januari 2021,” ujar Isdiyanto Koesworo, Selasa (26/1/2021).

Terpisah, Ketua Satgas BST Pos Jepara, Heppy Pomy AR menyatakan, pihaknya sudah siap menyalurkan program BST ini. Saat ini, semua persiapan sudah dilakukan dan tidak ada masalah sejauh ini.

Bagi masyarakat yang sudah terdaftar dan akan mengambil BST ini, diharapkan untuk bisa memenuhi syarat-syarat yang telah disampaikan melalui Pemerintah Desa masing-masing.

Di antaranya adalah E-KTP asli dan Kartu Keluarga (KK) Asli. Bagi masyarakat yang pindah domisili, juga diwajibkan membawa surat keterangan dari pihak yang berwenang.

Sedangkan untuk besaran BST yang akan diterima, masih tetap sama jumlahnya yakni Rp 300 ribu untuk setiap KPM penerima.

“Kami sudah melakukan persiapan terkait penyaluran BST ini. Mudah-mudahan pengalaman yang sudah kami dapatkan dalam program yang sama tahun 2020 lalu bisa membantu kami. Karena jumlahnya semakin banyak, kami rencanakan aka nada penambahan petugas di lapangan,” ujar Heppy Pomy AR.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...