Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gubernur Dorong Pemkab Kudus Genjot Vaksinasi Nakes Per Harinya

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo didampingi Plt Bupati Kudus HM Hartopo saat meninjau proses vaksinasi di Puskesmas Mejobo. (MURIANEWS/Anggara Jiwandhana)

MURIANEWS, Kudus – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendorong pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Kudus untuk bisa tepat waktu. Peningkatan kuantitas vaksinasi per harinya pun diminta untuk dinaikkan kembali.

“Kalau kemampuannya sehari 50 tapi bisa digenjot sampai seratus ya digenjot saja sampai seratus,” katanya dia ketika memantau pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Mejobo, Selasa (26/1/2021).

Pihaknya kemudian meminta pemerintah daerah bisa menyiapkan data penerima vaksin secara valid. Supaya bisa tersinkronisasi dengan baik.

Selain memantau jalannya vaksinasi, kedatangan Ganjar juga bertujuan untuk mengecek sistem rantai dingin vaksin covid betul-betul bagus. Sehingga kualitas vaksin bisa terjaga.

“Di Kudus hari kedua ini berjalan cukup lancar. Jika di daerah lain di Jateng juga lancar-lancar saja, maka bisalah kita lakukan percepatan,” sambung ujarnya.

Jawa Tengah sendiri, sambung Ganjar, memiliki tanggungan vaksinasi tenaga kesehatan sebanyak 166.078 orang. “Memang ada yang komorbid, tapi target di luar komorbid harus seratus persen,” ujar Ganjar.

Pelaksanaannya sampai saat ini pun terbilang lancar. Ganjar tak menampik memang ada sejumlah nakes yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Namun gejalanya hanya ringan-ringan saja.

“Ada yang sempat pingsan satu, tapi setelah dicek kembali baik-baik saja dan sehat-sehat saja,” lanjutnya.

Ganjar menambahkan, semua daerah di Jawa Tengah sendiri sudah melakukan vaksinasi serempak kemarin. Hanya Wonogiri yang menyusul pelaksanaan vaksinasi hari ini. “Sudah serentak kemarin, setelah pencanangan terus disusul nakes,” jelas Ganjar.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Kudus ditarget rampung Kamis mendatang.

Tiap puskesmas, sambung Hartopo, juga ditargetkan bisa memvaksinasi nakes hingga 50 orang per harinya. Sehingga target yang diatur bisa tercapai. “Kita harus kejar tayang, habis nakes langsung TNI Polri,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...